Kapan Gianluigi Buffon Akan Benar-benar Pensiun?

Oleh Wiwig Prayugi pada 06 Jul 2020, 11:35 WIB
Diperbarui 06 Jul 2020, 11:35 WIB
Juventus Vs Bologna
Perbesar
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, usai mengalahkan Bologna pada laga Serie A Italia di Stadion Juventus, Turin, Sabtu (19/10). Juventus menang 2-1 atas Bologna. (AFP/Marco Bertorello)

Turin- Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, masih mampu tampil ciamik pada usia 42 tahun. Ia pun masih ingin terus bermain hingga setidaknya berusia 43. Buffon penasaran ingin menuntaskan impiannya menjuarai Liga Champions.

Liga Champions selalu berdengung di telinganya. Walau menyandang sebagai kiper hebat, Buffon belum pernah merasakan gelar tersebut.

"Saya akan berada di sini sampai setidaknya sampai usia 43 tahun. Tetapi sejak berusia 40 tahun, saya melihat segala hal dari bulan ke bulan," kata Buffon kepada Sky Sports Italia

“Saya perlu memantau situasi dan selalu siap untuk mundur ketika elemen utama dalam diri saya hilang, yaitu performa terbaik."

Buffon menambahkan, begitu ia merasa performa terbaiknya hilang, ia akan pensiun.

"Selama saya termotivasi dan dalam kondisi yang tepat, saya akan terus bermain karena tidak ada yang membuat saya lebih bahagia ketimbang bermain sepak bola," imbuhnya.

Gianluigi Buffon kembali ke Juventus pada musim panas lalu setelah gagal memenangkan Liga Champions bersama Paris Saint-Germain.

"Itu adalah sesuatu yang selalu berdengung di kepalaku dan tidak bisa dihindari. Jujur saja ini menjadi satu di antara penyesalan dalam karier. Namun, saya telah menemukan kekuatan untuk tidak menyerah," tegas Gianluigi Buffon.

2 dari 3 halaman

Pecahkan Rekor

Juventus Taklukkan Torino
Perbesar
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, saat melawan Torino pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Sabtu (4/6/2020). Juventus menang 4-1 atas Torino. (AP/Marco Alpozzi)

Gianlugi Buffon mencatatkan rekor penampilan terbanyak di Serie A dalam pertandingan Juventus melawan Torino (4/7/2020). Dengan toal 648 pertandingan, ia melewati rekor Paolo Maldini (647 laga).

"Saya harus menunggu lama untuk catatan ini, tetapi itu bukan masalah," kata pemain berusia 41 tahun itu.

“Sekarang saya sangat senang, tetapi pemikiran tentang catatan itu tidak terpirkirkan oleh saya sebelumnya. Pada awal karier, saya lebih riang dan santai."

Buffon hanya menjalani kariernya seperti air mengalir. Dia tak menargetkan untuk bermain sebanyak mungkin.

“Saya punya banyak mimpi dan tidak pernah puas sehingga saya masih di sini," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Statistik Buffon

Ekspresi Buffon saat Bawa Juventus ke Final Liga Champions
Perbesar
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, mencium striker AS Monaco, Kylian Mbappe. Sebelum dijebol Mbappe, Buffon sudah mencatatkan 600 menit tanpa kebobolan di Liga Champions. (AFP/Valery Hache)

Sepanjang karier, Buffon telah meraih gelar liga domestik Italia sembilan kali bersama Juventus. Ia juga merengkuh gelar Ligue 1 bersama PSG. Pada musim ini, Buffon baru tampil 14 kali di semua ajang.

“Memecahkan rekor bukan tujuan saya. Saya tidak bermain untuk hal-hal ini karena saya seharusnya pensiun dua tahun lalu. Tapi, PSG datang memberi kesempatan dan sekarang saya kembali ke sini (Juventus) dan merasa senang," katanya.

“Saya menyadari jika memiliki motivasi yang tepat, saya dapat memainkan beberapa pertandingan tanpa masalah."

 

Sumber: Sky Sport Italia via Football Italia

Disadur dari Bola.com (penulis Wiwig Prayugi, Published 6/7/2020)

Lanjutkan Membaca ↓