4 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Oleh Gayuh Tri Pinjungwati pada 01 Jul 2020, 19:20 WIB
Diperbarui 01 Jul 2020, 19:20 WIB
4 Kebiasaan yang Tak Boleh Dilewatkan Kalau Ingin Cantik Saat Bangun Tidur
Perbesar
Kebiasaan bangun pagi dalam keadaan cantik. (Foto: unsplash.com)

Jakarta - Bangun dari tempat tidur kadang-kadang bisa menjadi sesuatu yang paling sulit di hadapi setiap hari. Ada saja, rasa malas menghantui agar kita lebih memilih tetap di atas ranjang berbalut selimut.

Padahal, banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan bangun pagi. Bangun lebih pagi tentu memiliki manfaat bagi kita mulai dari memiliki energi serta menjadikanmu lebih produktif.

Selain itu bangun pagi membuat seseorang terlihat lebih segar. Dengan kondisi segar, kita pun pasti akan lebih bersemangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bangun pagi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari

2 dari 5 halaman

Memecahkan Masalah dengan Baik

Jelas bahwa pikiran yang mendapatkan istirahat yang cukup lebih siap untuk berpikir dengan baik. Orang yang dapat bangun tidur setiap pagi dengan rutin juga lebih siap untuk menghadapai beberapa masalah yang harus diselesaikan.

Tidak hanya suasana hatimu lebih siap untuk menangangi masalah yang muncul, tetapi masalah jangka panjang lebih mungkin untuk diselesaikan dengan lebih mudah.

 

3 dari 5 halaman

Lebih Banyak Energi

Kata kata Selamat Pagi
Perbesar
Bangun tidur di pagi hari / Sumber: Pixabay.com

Istirahat yang lebih baik sama dengan lebih banyak energi. Bangun tidur pagi pada umumnya memiliki pola tidur yang lebih baik.

Banyak hal terjadi ketika tubuh akhirnya rileks saat tidur seperti tekanan darah turun, pernapasan melambat, otot menjadi rileks, suhu tubuh turun dan suplai darah ke otak juga meningkat. Ini dapat memperbaiki jaringan dan tulang, serta perbaikan sel. Hal itu akan berkaitan saat dirimu bangun tidur di pagi hari dengan rasa yang lebih berenergi.

 

4 dari 5 halaman

Memiliki Banyak Waktu untuk Berolahraga

Ilustrasi Olahraga Lari (iStockphoto)
Perbesar
Setelah Menekuni Olahraga Lari Selama Satu Tahun, Banyak Perubahan ke Arah yang Lebih Baik Dirasakan Dewi (Ilustrasi/iStockphoto)

Bangun pagi membuatmu memiliki banyak waktu untuk melakukan olahraga. Ini terbukti dapat meningkatkan energi ketika menlakukan aktivitas seharian. Selain itu juga di pagi hari, oksigen yang lebih baik dapat kita nikmati ketika melakukan olahraga.

Cobalah untuk melakukan jalan kaki di sekitar lingkungan rumah di pagi hari. Olahraga juga melepaskan hormon endorfin, yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

5 dari 5 halaman

Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Terlalu banyak tidur dan juga kurang tidur dapat menyebabkan depresi dan penyakit psikologis yang lebih tinggi. Tidur malam yang cukup dan bangun di pagi hari dengan keadaan yang lebih segar akan membuatmu lebih fokus dan tidak mudah merasa stres. Orang yang memiliki tidur yang cukup dapat mengendalikan emosi dan memikirkan segala sesuatu dengan baik.

Bangun pagi hari sebelum mata hari terbit akan membuat seseorang merasa lebih siap menghadapi hari. Mereka akan yang bangun pagi cenderung memiliki energi yang lebih baik daripada mereka yang bangun lebih siang. Tentunya bangun lebih pagi akan memberikan manfaat bagi tubuh saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

#Changemaker

Disadur dari Fimela.com (Gayuh Tripinjungwati)

Lanjutkan Membaca ↓