Rusia Bakal Bawa Turis ke Luar Angkasa pada Tahun 2023

Oleh Edu Krisnadefa pada 01 Jul 2020, 14:30 WIB
Diperbarui 01 Jul 2020, 14:30 WIB
Astronot
Perbesar
Ilustrasi Astronot Bermain Game (sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta- Perusahaan antariksa asal Rusia, Energia, membuat sebuah gebrakan dalam dunia pariwisata. Mereka akan membawa turis ke luar angkasa pada 2023.

Dilansir dari AFP, Selasa (30/6/2020), Energia telah menandatangani kontrak dengan perusahaan wisata antariksa lainnya yakni Space Adventures yang berbasis di Amerika Serikat (AS), untuk membawa dua turis ke International Space Station (ISS) atau luar angkasa mulai tiga tahun mendatang.

Ada pula hal menarik yang ditawarkan. Salah satu turis juga akan berkesempatan untuk berjalan di antariksa dengan ditemani oleh kosmonot.

"Kami merencanakan bahwa salah satu peserta ekspedisi dari Rusia akan berjalan di ruang angkasa, bersama-sama dengan kosmonot Rusia profesional," terang Energia, yang merupakan bagian dari agensi angkasa luar Rusia Roscosmos.

 

 

2 dari 4 halaman

Berapa Biayanya?

Astronot (Foto: iStockphoto)
Perbesar
Astronot (Foto: iStockphoto)

Namun, belum disebutkan berapa biaya yang harus disiapkan bagi turis yang berminat ke angkasa luar. Pengumuman ini muncul beberapa hari setelah NASA menandatangani kesepakatan dengan perusahaan wisata antariksa Virgin Galactic milik Richard Branson.

Tujuannya untuk mempromosikan misi pribadi mereka ke ISS setelah mendapatkan program pelatihan khusus di AS. Misi itu juga mengikuti misi pertama yang berhasil dilakukan oleh SpaceX dari Elon Musk pada bulan lalu untuk membawa astronot ke ISS menggunakan pesawat angkasa luar Crew Dragon.

3 dari 4 halaman

Membawa 3 Orang  

Misi itu menjadi penanda berakhirnya monopoli perjalanan manusia menuju orbit yang dipegang Rusia selama hampir satu dekade.

SpaceX pada Maret lalu mengumumkan perjalanan wisata angkasa luarnya akan membawa tiga orang yang dimulai tahun depan dengan Pesawat Crew Dragon.

4 dari 4 halaman

Pengalaman Langka

ilustrasi pesawat luar angkasa
Perbesar
Ilustrasi perjalanan ke luar angkasa SpaceX (Foto: SpaceX)

Sedangkan, Space Adventures pada laman resminya sudah mengiklankan perjalanan angkasa luar sebagai "pengalaman yang langka dan menggembirakan." Perjalanan ini hanya tersedia melalui program Rusia.

"Kalau Anda memilih untuk terbang ke angkasa menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, Anda punya kesempatan untuk melakukan perjalanan angkasa luar bersama dengan kosmonot profesional," katanya. Sebelumnya, perusahaan itu bersama dengan agen Rusia telah membawa delapan turis ke ISS antara 2001 dan 2009.

(Henry)

Lanjutkan Membaca ↓