Sukses

4 Kekuatan yang Antarkan Liverpool Juara Liga Inggris

Liverpool sukses mengamankan gelar juara Liga Inggris 2019-2020 usai Manchester City kalah dari Chelsea 1-2, Jumat (26/6/2020) dini hari.

Jakarta - Liverpool sukses mengamankan gelar juara Liga Inggris 2019-2020 usai Manchester City kalah dari Chelsea 1-2, Jumat (26/6/2020) dini hari. Sebelumnya, The Reds meraih kemenangan 4-0 atas Crystal Palace.

Dengan tersisa tujuh laga lagi, Liverpool unggul 23 poin dari City yang menempati posisi dua. Liverpool pun memastikan juara dengan perolehan 86 poin.

Trofi Premier League musim ini membuat fans Liverpool berpesta. Maklum, mereka telah menanti selama 30 tahun untuk merayakan gelar Premier League. 

Terakhir kali Liverpool juara liga pada musim 1989-1990. Liverpool juga belum pernah merasakan juara liga sejak memakai format Premier League yang dimulai pada 1992.

Kini, klub yang bermarkas di Anfield itu menjadi klub ketujuh yang berhasil keluar sebagai juara selama era Premier League. Keenam klub lainnya ialah Manchester United, Chelsea, Manchester City, Arsenal, Blackburn Rovers, dan Leicester City.

Berikut ini empat harta karun Liverpool yang menjadi kekuatan mutlak sehingga mengantarkan mereka ke tangga juara Premier League.

Saksikan Video Liverpool di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp adalah sutradara di balik kebangkitan Liverpool sejak kedatangannya pada Oktober 2015. Musim ini adalah puncak dari kejayaan Klopp bersama The Reds. Ia pun menuntaskan janjinya.

Klopp membuat Liverpool begitu dominan di Inggris sejak dua musim. Musim lalu, mereka tertikung Manchester City. Namun, mereka berhasil meraih gelar Liga Champions.

3 dari 5 halaman

Pertahanan Terbaik

Liverpool memiliki pertahanan paling baik di Liga Inggris. Mereka hanya mencatat dua clean sheet dalam delapan pertandingan pertama mereka ketika kiper Alisson Becker cedera.

Setelah Alisson pulih, pertahanan Liverpool makin rapat. Belum lagi, mereka memiliki bek termahal di dunia, Virgil Van Dijk. Hingga saat ini, Liverpool hanya kebobolan 21 kali.

4 dari 5 halaman

Benteng Anfield

Performa apik di kandang menjadi faktor utama dalam kesuksesan Liverpool selama beberapa musim terakhir. Mereka tidak pernah kalah dalam pertandingan liga di Anfied sejak April 2017.

Mereka meraih 23 kemenangan di kandang berturut-turut, mencetak 67 gol dan kebobolan 15 gol. Pasukan Jurgen Klopp mematahkan rekor sebelumnya pada era Bill Shankly tahun 1972.

Mereka telah mencetak lebih banyak gol di kandang daripada tim Premier League lainnya dalam 16 pertandingan mereka sejauh ini.

5 dari 5 halaman

Mental Juara

Pemain Liverpool bermental juara. Ini selalu terlihat dalam pertandingan yang mereka jalani. Contohnya ialah ketika melawan Aston Villa pada November 2019. Mereka tertinggal 0-1 saat laga tersisa tiga menit. Namun, mereka bisa membalikkan keadaan dan menang.

Pada perebutan gelar dengan Manchester City dengan musim lalu, Klopp menyebut para pemainnya bermental juara dan mereka telah membuktikannya.

Hampir sepertiga dari semua gol Liverpool dicetak dalam 20 menit terakhir pertandingan.

 

Sumber: PA via Sportsmole

Disadur dari Bola.com (Wiwik Prayugi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.