Sukses

Liverpool Juara Liga Inggris: 5 Laga Kunci dalam Perburuan Gelar Juara Musim Ini

Liverpool resmi menjadi juara Liga Inggris 2019-20 meski masih menyisakan tujuh laga sisa. The Reds unggul 23 poin dari rival terdekatnya, Manchester City.

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool memenangkan gelar Liga Inggris atau Premier League 2019-20. Kepastian itu didapat setelah Manchester City kalah 1-2 dari Chelsea di Stamford Bridge, Jumat (26/6/2020) dini hari WIB.

Kemenangan Liverpool 4-0 atas Crystal Palace pada Rabu, 24 Juli lalu, membuat City harus menang di kandang Chelsea. Setidaknya ini untuk memperpanjang status tim asuhan Pep Guardiola sebagai juara bertahan sampai The Reds mengunjungi Etihad Stadium pada 2 Juli.

Tetapi, kekalahan dari Chelsea membuat City tertinggal 23 poin dari Liverpool. Dengan hanya 21 poin yang tersisa untuk didapatkan, membuat keunggulan Liverpool tak tergoyahkan.

Sukses Liverpool ini sekaligus mengakhiri penantian panjang 30 tahun untuk dinobatkan sebagai juara Liga Inggris. Selain ini, ini merupakan gelar juara Liga Inggris ke-19 atau pertama yang diraih Liverpool sejak 1990.

Mengutip dari Sports Mole, berikut 5 laga kunci selama musim 2019-20 yang membawa Liverpool ke tangga juara Liga Inggris.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Liverpool 2-1 Leicester City (5 Oktober 2019)

Liverpool menjamu Leicester City dan mantan manajernya, Brendan Rodgers, pada pekan kedelapan Liga Inggris. The Red memenangkan tujuh laga pembuka musim ini jelang menghadapi Leicester.

Sadio Mane membuka keunggulan Liverpool di menit ke-40. Leicester lalu mencetak gol balasan pada menit ke-80.

Ketika laga akan berakhir imbang, Liverpool mendapat hadiah penalti di menit ke-90+5. James Milner sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo dan Liverpool menang 2-1.

Sehari kemudian, Manchester City dikalahkan Wolvermapton Wanderers 0-2 di Etihad Stadium. Hasil itu membuat Liverpool unggul delapan poin setelah delapan pertandingan di puncak klasemen.

3 dari 6 halaman

2. Aston Villa 1-2 Liverpool (2 November 2019)

Usai menang atas Liecester City, Liverpool kehilangan poin pertama pada musim ini. The Reds ditahan imbang Manchester United 1-1 di Old Trafford, 20 Oktober 2019.

Liverpool kemudian bangkit dengan mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1 pada laga berikutnya. Tapi, skuat racikan Jurgen Klopp ini kembali terancam kehilangan poin laga saat menghadapi Aston Villa di laga tandang.

Liverpool tertinggal di menit ke-21 melalui gol Trezeguet. Liverpool menyamakan skor di menit ke-87 dengan gol Andrew Robertson.

Namun, ancaman kehilangan dua poin masih nyata. Adalah Sadio Mane yang memastikan Liverpool membawa pulang tiga poin lewat golnya di menit ke-94.

Hasil itu membuat Liverpool tetap memimpin enam poin atas Manchester City di puncak klasemen.

4 dari 6 halaman

3. Liverpool 3-1 Manchester City (10 November 2019)

Comeback telat saat melawan Aston Villa pada pekan ke-11 Liga Inggris sangat penting bagi Liverpool. Sebab, The Red akan menghadapi Manchester City di Anfield pada pekan berikutnya.

Kekalahan dari Villa akan memberi City kesempatan menyamakan poin Liverpool. Dengan catatan, tim asuhan Pep Guardiola itu mampu menang di Anfield.

Tetapi, Liverpool justru mengalahkan City dengan skor 3-1. Hasil itu membuat Liverpool sembilan poin atas rival mereka.

Ketiga gol Liverpool dalam laga itu dicetak Fabinho, Mohamed Salah, dan Sadio Mane. Sedangkan gol penghibur City disumbang Bernardo Silva.

 

5 dari 6 halaman

4. Leicester 0-4 Liverpool (26 December 2019)

Kunjungan ke markas Leicester pada laga Boxing Day Liga Inggris dipandang sebagai salah satu ujian terbesar Liverpool di sisa kompetisi. Tapi, Liverpool dengan menyakinkan mempermalukan Leicester dengan skor 4-0.

Trent Alexander-Arnold menjadi bintang dalam laga itu dengan mencetak satu gol dan dua assist. Tiga gol lainnya dicetak Roberto Firmino (2) dan James Milner melalui tendangan penalti.

Kemenangan Liverpool atas Leicester diikuti dengan kekalahan Manchester City dari Wolverhampton Wanderes sehari kemudian. Alhasil, Liverpool memimpin 13 poin menuju Tahun Baru 2020.

6 dari 6 halaman

5. Liverpool 4-0 Crystal Palace (24 Juni 2020)

Liverpool tinggal dua langkah lagi meraih gelar trofi Liga Inggris telah diketahui sebelum Crystal Palace bertamu ke Anfield, 24 Juni 2020. Ini merupakan laga kandang pertama Liverpool sejak pandemi corona Covid-19.

Sebelumnya, kompetisi dihentikan tiga setengah bulan karena pandemi corona Covid-19. Alhasil, tidak ada yang bisa meramal status Liverpool sebagai juara.

Namun, ketika kompetisi kembali dilanjutkan, penggemar tidak bisa merasakan kegembiraan di dalam stadion karena laga dimainkan secara tertutup. Namun, hal itu tidak berpengaruh bagi Liverpool.

Hasil 0-0 melawan Everton di laga sebelumnya membuat Liverpool harus menunda lebih lama merebut gelar juara Liga Inggris. Tapi, The Reds langsung tancap saat melawan Crystal Palace dan menang 4-0.

Keempat gol Liverpool disumbang Trent Alexander-Arnold, Mohamed Salah, Fabinho, dan Sadio Mane. Hasil ini membuat Liverpool hanya butuh dua poin lagi untuk meraih gelar juara.

Satu-satunya penyesalan adalah Anfield kosong saat itu. Padahal, itu adalah salah satu malam terbesar yang pernah ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini