5 Pesaing Terberat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 25 Jun 2020, 17:10 WIB
Diperbarui 25 Jun 2020, 17:10 WIB
Kolase - Pemain Norshahrul Idlan Talaha, Hariss Harun, Stephan Schrock, Nguyen Trong Hoang, Chanathip Songkrasin
Perbesar
Kolase - Pemain Norshahrul Idlan Talaha, Hariss Harun, Stephan Schrock, Nguyen Trong Hoang, Chanathip Songkrasin (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta - Piala AFF 2020 bakal menjadi turnamen yang paling ditunggu oleh tim-tim nasional di Asia Tenggara. Hal itu tak lepas dari peta persaingan yang bakal sengit.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, Piala AFF 2020 bakal lebih ketat. Dalam dua tahun terakhir, terjadi perkembangan pesat di antara tim-tim yang bakal bersaing.

Timnas Indonesia memiliki harapan baru setelah diasuh pelatih Shin Tae-yong. Pria asal Korea Selatan itu dibebani target untuk bisa mempersembahkan gelar perdana buat Tim Garuda.

Maklum, Piala AFF sejauh ini menjadi momok menggemaskan buat Timnas Indonesia. Tim Merah Putih sudah lima kali melaju ke final dan sebanyak itu pula gagal menjadi juara.

Meski demikian, perjuangan Timnas Indonesia dalam mencetak sejarah dengan meraih gelar Piala AFF tak akan mudah. Apalagi misi serupa juga diemban tim-tim yang belum pernah juara.

Ada beberapa tim yang juga ingin meraih kesuksesan di Piala AFF 2020. Lantas, siapa saja tim yang bakal menjadi pesaing terberat Timnas Indonesia dalam turnamen dua tahunan tersebut?

2 dari 6 halaman

Filipina

Timnas Filipina
Perbesar
Timnas Filipina. (AFP/Giuseppe Cacace)

Filipina diprediksi bakal membuat kejutan di Piala AFF 2020. Tim berjulukan The Azkals itu sudah konsisten mencapai semifinal sebanyak empat kali dari lima edisi keikutsertaan

Filipina menatap sungguh-sungguh Piala AFF 2020. Demi mencetak sejarah menjadi juara untuk pertama kalinya, pelatih Scott Cooper akan memboyong delapan pemain keturunan untuk memperkuat Filipina.

Mereka adalah Jesper Nyholm (Swedia-Filipina), Gerrit Holtmann (Filipina-Jermain), Raphael Obermair (Jerman-Filipina), Jessie Curran (Filipina-Australia), Jefferson Tabinas (Filipina-Ghana), Michael Kempter (Swiss-Filipina), Niko de Vera (Filipina-Amerika Serikat), dan Bernd Schipmann (Filipina-Jerman). Kehadiran para pemain tersebut diyakini bakal menambah kekuatan Filipina di Piala AFF 2020.

3 dari 6 halaman

Singapura

Timnas Singapura
Perbesar
Timnas Singapura. (AFP/Roslan Ramlan)

Singapura tak bisa dipandang sebelah mata pada Piala AFF 2020. Tim asuhan pelatih Tatsuma Yoshida meraih hasil yang lumayan di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Singapura mampu mengalahkan Palestina dan tak terkalahkan dari Yaman. Singapura juga sudah lama tidak lagi menjuarai Piala AFF.

Terakhir, tim berjuluk The Lions itu meraih gelar juara pada 2012. Setelah itu, dalam tiga edisi terakhir Singapura hanya melaju sampai fase grup.

4 dari 6 halaman

Malaysia

Timnas Malaysia
Perbesar
Timnas Malaysia. (AFP/Mohd Rasfan)

Malaysia sedang dalam performa terbaik karena belum lagi terkalahkan sejak empat laga terakhir di berbagai ajang. Pasukan Tan Cheng Hoe melahap semua laga dengan kemenangan.

Piala AFF 2020 menjadi momentum buat Malaysia dalam meraih gelar kedua. Pada edisi terakhir, Malaysia mampu menembus final sebelum kalah dengan agregat 2-3 dari Vietnam.

Malaysia diprediksi masih akan mengandalkan Safawi Rasid dan Mohamadou Sumareh. Keduanya saat ini menjadi andalan Harimau Malaya di lini depan.

5 dari 6 halaman

Thailand

Timnas Thailand
Perbesar
Timnas Thailand (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Thailand adalah tim dengan gelar terbanyak di Piala AFF, yakni lima kali juara. Piala AFF 2020 menjadi momentum buat Thailand untuk kembali meraih gelar.

Pada edisi terakhir, Thailand gagal menjadi juara setelah langkahnya terhenti di babak semifinal. Ini menjadi kesempatan emas buat tim asuhan Akira Nishino untuk mencetak sejarah.

Thailand diyakini masih akan mengandalkan Chanathip Songkrasin di lini tengah. Adapun Supachai Jaided bakal menjadi ujung tombak dari tim berjuluk Gajah Perang tersebut.

6 dari 6 halaman

Vietnam

Timnas Vietnam
Perbesar
Timnas Vietnam. (AFP/Manan Vantsyayana)

Vietnam menjadi tim juara bertahan di Piala AFF. Jadi, tim asuhan Park Hang-seo itu masih menjadi favorit dalam edisi 2020.

Tak bisa dimungkiri, sejak diasuh Park Hang-seo, Vietnam menjadi tim yang tangguh dan sukar dikalahkan di ASEAN. Hal itulah yang membuat Vietnam berada dalam garda terdepan dalam perburuan gelar Piala AFF 2020.

Vietnam belum terkalahkan dalam lima laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan rincian tiga kemenangan dan dua kali imbang. Hasil impresif itu bisa menjadi modal tim berjuluk Golden Dragon dalam mempertahankan gelar Piala AFF.

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap / Benediktus Gerendo Pradigdo)

Lanjutkan Membaca ↓