Sukses

Pelatih Barcelona Sindir Kemenangan Kontroversial Real Madrid

Pelatih Barcelona, Quique Setien, menyindir kemenangan Real Madrid atas Real Sociedad dengan menyebut Sistem Video Asisten Wasit atau VAR tidak digunakan dengan benar di La Liga.

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Quique Setien, menyindir kemenangan Real Madrid atas Real Sociedad dengan menyebut Sistem Video Asisten Wasit atau VAR tidak digunakan dengan benar di La Liga Spanyol.

"Ada hal-hal yang tidak dapat kami kendalikan dan tidak bergantung pada kami. Semua orang melihat apa yang terjadi di Anoeta (markas Sociedad) dan semua orang akan menarik kesimpulan sendiri," kata Quique Setien, seperti dilansir AS.

Real Madrid menaklukkan tuan rumah Sociedad 2-1, sekaligus menggusur Barcelona dari puncak klasemen sementara La Liga Spanyol 2019-2020. Kemenangan Los Blancos dinilai kontroversial.

Sebab, Sociedad merasa dirugikan karena gol mereka dianulir oleh VAR karena offside, sedangkan gol kemenangan Real Madrid yang dicetak Karim Benzema disahkan wasit walaupun dia terlihat mengontrol bola dengan lengannya.

"Dapat dimengerti bahwa kami berpikir mengapa ada beberapa tindakan yang ditinjau, wasit sendiri memeriksanya dan mereka tidak melakukan hal yang sama dalam pertandingan-pertandingan lain," jelasnya.

"Mereka melakukannya dalam beberapa pertandingan dan beberapa pertandingan lainnya (tidak). Jadi Anda bisa benar-benar berpikir bahwa (VAR) tidak digunakan dengan benar," papar pelatih berusia 61 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kontroversi dan Sepak Bola

Tapi, Setien mencoba maklum, karena kontroversi memang merupakan salah satu bagian dari sepak bola. Dia hanya menyayangkan, kenapa teknologi VAR tidak membuatnya jadi lebih baik.

"Kami sudah di sini selama bertahun-tahun dan ini tidak berubah. Selalu sama, kontroversi akan selalu ada," ungkap Setien.

3 dari 3 halaman

Bantuan VAR

"VAR adalah alat yang dapat membuat kita lebih baik, tetapi kita harus menggunakannya untuk memiliki pandangan yang lebih jelas tentang kenyataan," ujar eks pelatih Real Betis ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini