Sukses

Deretan Pelajaran Penting Usai Real Madrid Libas Real Sociedad

Real Madrid akhirnya sukses merebut puncak klasemen La Liga dari Barcelona. Hal ini tak lepas dari kemenangan atas Real Sociedad dengan skor 2-1 di laga terakhir.

Madrid - Real Madrid akhirnya sukses merebut puncak klasemen La Liga dari Barcelona. Hal ini tak lepas dari kemenangan atas Real Sociedad dengan skor 2-1 di laga terakhir.

Pada laga di Reale Arena, Senin (22/6/2020) dini hari WIB, Real Madrid dan Sociedad tidak mampu mencetak gol di babak pertama. Tiga gol yang tercipta pada laga ini, semuanya terjadi pada babak kedua.

Sergio Ramos membuka gol dari titik putih pada menit ke-50. Lalu, disusul gol Karim Benzema pada menit ke-70. Sociedad mencetak gol balasan pada menit ke-83 dari sepakan keras Mikel Merino.

Sociedad sempat mencetak satu gol lagi pada menit 68, lewat aksi Adnan Januzaj. Namun, gol ini dianulir wasit Javier Ekstrada. Gol dianulir lantaran ada Mikel Merino yang dianggap berada dalam posisi offside.

Ada beberapa pelajaran penting yang bisa dipetik dari kemenangan Real Madrid di Reale Arena. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pembuktian Vinicius Junior

Zinedine Zidane membuat beberapa rotasi di laga melawan Sociedad. Salah satu yang mengejutkan adalah keberanian mencadangkan Eden Hazard yang tampil bagus pada dua laga terakhir.

Vinicius Junior diturunkan sejak menit awal untuk menggantikan Eden Hazard. Pemain asal Brasil ini tampil penuh dan menunjukkan aksi yang impresif. Aksinya membuat Real Madrid mendapat penalti pada menit ke-49.

Pemain 19 tahun memberi bukti bahwa dia layak untuk mendapat kesempatan dan berada di tim utama Real Madrid. Dia bisa menjadi pilihan andai Eden Hazard tidak tampil optimal.

3 dari 6 halaman

VAR

Selain insiden penalti dan gol Adnan Januzaj yang dianulir, ada satu lagi insiden yang menjadi sorotan. Karim Benzema dinilai memakai tangan saat mengontrol bola sebelum mencetak gol pada menit ke-70.

Wasit Javier Ekstrada mengesahkan gol pemain asal Prancis. Setelah melihat VAR, dia menilai tidak ada pelanggaran yang dilakukan Benzema dan gol tersebut sah.

Rangkaian kontroversi ini lantas dikaitkan dengan komentar Gerard Pique beberapa hari lalu. Dia ragu bahwa Real Madrid bakal terpeleset dalam perjalanan perebutan gelar juara La Liga.

4 dari 6 halaman

Aksi Perdana James Rodriguez

Setelah melewati dua laga menjadi pesakitan, James Rodriguez akhirnya mendapat kesempatan bermain. Bahkan, pemain asal Kolombia tersebut tampil sejak menit awal pada laga melawan Sociedad.

James Rodriguez dimainkan pada posisi winger kiri, posisi yang biasanya ditempati Rodrygo Goes atau Gareth Bale. James Rodriguez kemudian digantikan Marco Asensio pada menit ke-78.

Whoscored memberi nilai 7.2 untuk James Rodriguez. Pemain 28 tahun itu tak melepas satu pun shots on target di laga ini. Walau sudah bermain, hubungan dengan Zidane diyakini belum sepenuhnya pulih.

5 dari 6 halaman

Cedera Ramos

Di balik kemenangan Real Madrid di Reale Arena, ada kabar buruk untuk Zinedine Zidane. Sang kapten tim, Sergio Ramos, mengalami cedera lutut. Akibat cedera ini, Sergio Ramos tidak bisa melanjutkan laga hingga tuntas.

Sergio Ramos terlibat duel dengan Alexander Isak pada menit ke-58. Dia lalu mengalami masalah pada lutut dan digantikan Eder Militao setelah sempat mendapat perawatan.

Cedera Sergio Ramos bisa membawa dampak buruk. Sebab, dia adalah pemain paling penting di Real Madrid. Baik secara teknis maupun dalam kapasitasnya sebagai kapten dan motivator tim.

6 dari 6 halaman

Persaingan Juara Makin Panas

Real Madrid dan Barcelona kini punya poin sama, 65. Namun, Real Madrid berhak atas puncak klasemen karena unggul head to head. Real Madrid mampu mengalahkan Barcelona di kandang dan bermain imbang di Camp Nou pada musim 2019/2020.

Persaingan juara La Liga dipastikan berjalan panas. Masih ada delapan laga bagi kedua klub. Real Madrid masih punya lawan berat seperti Athletic Bilbao, Villarreal, dan Getafe.

Sedangkan, Barcelona juga punya lawan yang tidak kalah berat. Los Cules masih harus meladeni Athletic Bilbao, Atletico Madrid, dan Villarreal.

Sumber asli: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Asad Arifin, Published 22/6/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.