Rooney: Gaya Bermain Mohamed Salah Mirip Cristiano Ronaldo Saat Bela MU

Oleh Yus Mei Sawitri pada 22 Jun 2020, 18:25 WIB
Diperbarui 22 Jun 2020, 18:25 WIB
Liverpool vs Bournemouth
Perbesar
Gelandang Liverpool, Mohamed Salah, merayakan kemenangan timnya saat melawan Bournemouth pada laga lanjutan Premier League 2019-2020 di Anfield, Liverpool, Sabtu (7/3) malam WIB. Liverpool menang 2-1 atas Bournemouth. (AFP/Geoff Caddick)

Liverpool - Permainan Mohamed Salah di Liverpool dinilai makin mirip dengan gaya Cristiano Ronaldo saat masih di Manchester United. Penilaian itu datang dari legenda Manchester United, Wayne Rooney.    

Mohamed Salah memilih tetap bertahan di depan dan hampir tak pernah turun ke belakang. Melihat cara bermain Salah, Rooney teringat Ronaldo yang pernah jadi tandemnya di MU. 

Rooney dan Ronaldo membangun kerja sama yang hebat selama lima tahun bersama-sama di Old Trafford. Ronaldo menjadi kepingan terpenting dalam skema serangan Setan Merah saat itu. Beberapa rekan setimnya mengakui manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson, mengubah taktiknya untuk menyesuaikan dengan gaya Ronaldo. 

Pemain asal Portugal itu mendapat kebebasan dan ruang seluas-luasnya di sektor serang MU. Dia juga memperoleh keistimewaan tak perlu membantu bertahan. 

Efek positif dari taktik itu adalah MU makin efektif saat melakukan serangan balik. Menurut Rooney, Salah menunjukkan gaya bermain yang makin mirip dengan Ronaldo. 

"Mohamed Salah mulai melakukan apa yang pernah dijalani Ronaldo untuk Manchester United, dalam hal hanya bertahan di depan dan tak perlu ke belakang untuk bertahan. Tapi, dia selalu menjadi ancaman bagi Anda yang bermain sebagai bek atau gelandang yang tampil menghadapinya," tulis Wayne Rooney di The Times, Minggu (21/6/2020).  

"Anda takut padanya saat mereka melakukan serangan balik," sambung Rooney. 

 

2 dari 2 halaman

Konsisten Jadi Mesin Gol

Liverpool
Perbesar
Dua pemain Liverpool, Sadio Mane (kanan) dan Mohamed Salah melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Huddersfield Town, pada pertandingan di Stadion Anfield, Sabtu (27/4/2019) dini hari WIB. (AFP / Oli Scarff)

Mohamed Salah konsisten menjadi mesin gol Liverpool sejak menjalani laga debutnya di klub tersebut. Pemain asal Mesir itu mencetak 91 gol dalam 144 penampilan untuk The Reds. 

Mohamed Salah menjadi pilar penting kedigdayaan Liverpool dalam beberapa musim terakhir. Bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino, ia membentuk trio yang menakutkan bagi rival-rival The Reds di Premier League maupun Eropa. 

Pada Premier League musim ini, Salah telah menyumbangkan 16 gol. Ia juga mencatatkan enam assist atas namanya di Premier League. 

Sumber: The Times

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri/Yus Mei Sawitri, published 22/6/2020)

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by