Sukses

4 Tips Sederhana untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh sangat penting dalam kondisi pandemi Corona Covid-19 seperti saat ini.

Liputan6.com, Jakarta- Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh sangat penting dalam kondisi pandemi Corona Covid-19 seperti saat ini. Sebab, sistem kekebalan tubuh seseorang sangat berperan untuk melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Begitu pula sebaliknya, daya tahan tubuh yang lemah dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit. Hal ini lantaran tubuh tidak dapat melawan virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh dengan baik.

Oleh karena itu, kamu sangat dianjurkan untuk selalu menjaga dan meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh.

Sebenarnya tidak sulit menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini empat tips sederhana yang bisa membantumu meningkatkan daya tahan tubuh, berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makan buah dan sayur  

Jika ingin meningkatkan imun tubuh, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Penting juga untuk kamu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Antioksidan memiliki karakteristik protektif yang baik untuk tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Sumber terbaik untuk berbagai antioksidan adalah buah dan sayur segar, berry, biji-bijian dan kacang-kacangan. Secara umum semakin berwarna buah dan sayuran, maka semakin banyak pula kandungan antioksidannya.

Komponen antioksidan dari makanan ini melindungi sel-sel dengan mengubah atau menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang sangat tidak stabil yang merusak tubuh pada tingkat sel dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

3 dari 5 halaman

Olahraga

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imun tubuh ialah dengan berolahraga.

Olahraga bisa meningaktkan detak jantung serta kecepatan dan kedalaman pernapasan. Aliran darah yang keluar masuk dengan ekstra dari udara ini mungkin merupakan bantuan tambahan yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan bakteri dan virus. 

4 dari 5 halaman

Tidur cukup

Selain makan makanan bergizi dan olahraga, kamu juga dianjurkan untuk tidur yang cukup dan hindari begadang. Diperlukan kualitas tidur yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang akan lebih mudah jatuh sakit jika terkena virus ketika kurang tidur. Usahakan untuk tidak begadang di malam hari dan tidur setidaknya 7-8 jam.

5 dari 5 halaman

Jalani gaya hidup sehat

Menjaga sistem kekebalan tubuh juga dapat dilakukan dengan mengatur gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat secara umum dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang contohnya saja seperti merokok.

Menghilangkan kebiasaan merokok akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dalam melawan infeksi virus.

(Camelia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini