Sukses

Timnas Indonesia U-20 Diizinkan Pakai Pemain Naturalisasi di Piala Dunia U-20 2021

Indra Sjafri sempat anti pemain naturalisasi. Namun demi Piala Dunia U-20 2021, direktur teknik PSSI tersebut melunak.

Jakarta - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri memberi lampu hijau kepada Timnas Indonesia U-19, yang akan berganti nama menjadi U-20, untuk menggunakan pemain naturalisasi di Piala Dunia U-20 2021. PSSI disebutnya membidik prestasi, bukan pamer kemampuan, di turnamen tersebut.

"Selama ini, saya sebenarnya orang yang antinaturalisasi karena memang pemain seperti Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah, keren-keren semua," ujar Indra Sjafri dinukil dari wawancaranya dengan Hanif & Rendy Show di YouTube.

"Tapi, dalam konteks Piala Dunia U-20 2021, ini berbeda. Ini yang bersaing bukan hanya di Asia Tenggara. Ini dunia. Oleh sebab itu, jangan hanya ingin memperlihatkan ke dunia, ini lho hasil pembinaan sepak bola Indonesia. Walaupun tuan rumah, ini lho pemain kami," jelasnya.

Indra Sjafri menilai, kumpulan para pemuda Tanah Air diperkirakannya tidak cukup untuk membawa harum nama Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021. Meski begitu, pria berusia 57 tahun ini tidak bermaksud mengucilkan bakat pemain lokal.

"Tidak akan mampu. Bukan merendahkan pemain yang ada di Indonesia," tutur mantan pelatih Timnas Indonesia U-22 tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Pemain Naturalisasi Setelah Piala AFC U-19 2020

Indra Sjafri berencana untuk menggunakan pemain naturalisasi di Timnas Indonesia U-19 setelah Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan pada Oktober mendatang. Dari turnamen itu, pihaknya akan melakukan evaluasi di poisisi mana saja yang memerlukan peningkatan kualitas.

"Oleh sebab itu, kami menginginkan secepatnya kerangka Timnas Indonesia U-19 dibentuk. Dari situ, kami evaluasi setelah Piala AFC U-19. Posisi mana yang perlu kami tambah untuk pemain yang benar-benar berkualitas. Yang masih muda saat ini mungkin kami relakan untuk pemain naturalisasi," imbuh Indra Sjafri.

Hanya saja, Indra Sjafri tidak menjelaskan siapa pemain naturalisasi atau calon pemain naturalisasi yang akan dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia U-20.

"Soal itu, perlu dipikirkan. Kami sedang mencari pemain-pemain di luar negeri, anak-anak yang ada sekarang ini," ucapnya.

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Editor Hendry Wibowo, Published 19/6/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.