5 Pemain Arsenal yang Harus Dibuang Selain David Luiz

Oleh Liputan6.com pada 20 Jun 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 20 Jun 2020, 07:15 WIB
David Luiz - Arsenal
Perbesar
David Luiz ketika membela Arsenal. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

Liputan6.com, London - Skuat Arsenal terbukti belum cukup siap untuk bersaing di papan atas Liga Inggris setelah dibantai Manchester City 0-3. Karena itu, perombakan pemain harus dilakukan pada musim panas ini.

Nama David Luiz pantas untuk dimasukkan dalam daftar jual Arsenal. Bek asal Brasil tersebut menjadi dalang atas dua dari tiga gol yang dicetak Manchester City dalam laga Liga Inggris, Kamis (18/6/2020) lalu.

Bahkan, ia cuma bertahan selama kurang lebih 30 menit di lapangan. Seperti diketahui, Manajer Arsenal Mikel Arteta awalnya tak ingin memainkan David Luiz. Namun cederanya Pablo Mari membuat Arteta terpaksa untuk memainkannya.

Tentu, bukan cuma David Luiz saja yang harus segera dilepas Arsenal. Lima nama yang telah dihimpun oleh Sportskeeda di bawah ini juga patut diperhitungkan masa depannya di Emirates Stadium.

2 dari 6 halaman

Shkodran Mustafi

Timo Werner dan 5 Transfer Pemain Jerman Termahal
Perbesar
Shkodran Mustafi (41 juta euro) - Shkodran Mustafi menjadi bek Jerman termahal saat dilabuhkan Arsenal pada musim 2016/2017. Arsenal mendatangkan Mustafi dari Valencia dengan harga 41 juta euro. (AFP/Glyn Kirk)

Jika David Luiz dilepas, maka Arsenal sudah sepatutnya untuk merombak besar-besaran di sektor pertahanan. Shkodran Mustafi pun patut untuk dilepas oleh Arteta jika ingin berkembang di musim depan.

Pemain asal Jerman tersebut sudah cukup akrab dengan sorotan selama membela the Gunners. Namun belakangan ini, terutama sejak kedatangan Arteta, performanya terus menunjukkan peningkatan.

Namun, apakah itu cukup untuk mempertahankannya? Sepertinya tidak. Mustafi sekarang sudah berusia 28 tahun dan hanya memiliki beberapa musim lagi untuk berkarir di pentas sepak bola profesional.

3 dari 6 halaman

Mesut Ozil

Cristiano Ronaldo dan 7 Pemain dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia Tahun 2020
Perbesar
7. Mesut Ozil (28,7 juta dolar) - Ozil memperoleh 28,7 juta dolar dari 23,2 juta dolar gaji dan bonus serta 5,5 juta dolar dari iklan. (AFP/Ian Kington)

Seperti halnya Mustafi, Ozil juga terbilang cukup sering berurusan dengan kritikan. Namanya bahkan tak terlihat sewaktu Arsenal melawat ke markas Manchester City kemarin.

Ozil pernah mendapatkan label pembelian terbaik Arsenal. Namun dalam beberapa musim terakhir, performanya terus menurun dan bahkan dalam taraf drastis. Tak bisa dimungkiri kalau orang beranggapan bahwa dirinya telah habis.

Selain itu, gajinya pun terbilang cukup besar untuk seorang pemain yang lebih sering menghiasi bangku cadangan. Dari berbagai laporan, diketahui bahwa Ozil menerima bayaran senilai 350 ribu per pekan di Emirates Stadium.

4 dari 6 halaman

Ainsley Maitland-Niles

Firmino Hattrick, Liverpool Permalukan Arsenal  5-1 di Anfield
Perbesar
Pemain Arsenal, Ainsley Maitland-Niles berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada lanjutan Liga Inggris di Anfield Stadium (29/12). Liverpool menang telak atas Arsenal 5-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Satu hal yang patut disyukuri Arsenal sekarang adalah limpahan pemain muda bertalenta. Mulai dari Bukayo Saka, Eddie Nketiah, hingga Gabriel Martinelli yang direkrut dari klub antah berantah Brasil pun tampil apik musim ini.

Namun ada satu yang nampaknya patut untuk dimasukkan dalam daftar jual, yakni Ainsley Maitland-Niles. Sebelum Arteta datang, pemain berusia 22 tahun itu cukup sering diberikan kesempatan tampil.

Maitland-Niles terbilang serba bisa dan mampu mengisi berbagai posisi, contohnya bek kanan. Namun semenjak Hector Bellerin sembuh dari cederanya, ia mulai jarang terlihat lagi dalam starting XI Arsenal.

5 dari 6 halaman

Alexandre Lacazette

Alexandre Lacazette
Perbesar
Striker Arsenal Alexandre Lacazette. (Yui Mok/PA via AP)

Kedatangan Alexandre Lacazette pada 2017 lalu membuat harapan fans Arsenal meninggi. Harapan itu kian meninggi setelah sang penyerang mencetak 36 gol dalam kurun waktu dua musim saja.

Namun, kedatangan Pierre-Emerick Aubameyang membuat semuanya jadi berantakan. Lacazette masih jadi tumpuan di lini depan the Gunners, namun dirinya bahkan tak mampu menyaingi perolehan Aubameyang.

Usianya pun sudah mencapai 29 tahun, sehingga diyakini bahwa kualitas Lacazette sudah mentok di titik ini. Oleh karena itu, ada baiknya Arsenal mulai mempertimbangkan masa depan sang penyerang sedari sekarang.

6 dari 6 halaman

Henrikh Mkhitaryan

Liga Top Eropa, Hat-trick Assist, Kevin De Bruyne
Perbesar
3. Henrikh Mkhitaryan (Arsenal) - Pemain baru The Gunners ini membuat kejutan dengan mencetak hat-trick assist saat menang 5-1 atas Everton, 3 Februari lalu. Kini mantan pemain MU itu menjadi harapan baru publik Emirates. (AFP/Geoff Caddick)

Nama Henrikh Mkhitaryan bahkan sudah tidak terlihat dalam daftar skuat Arsenal musim ini. Seperti yang diketahui, pria berkebangsaan Armenia tersebut sudah dilepas ke AS Roma pada musim panas kemarin.

Sayang, ikatan antara Arsenal dengan Mkhitaryan belum benar-benar terputus. Sebab AS Roma hanya merekrutnya dengan status pinjaman yang berlaku sampai akhir musim 2019/20 ini.

Usianya sudah mencapai 31 tahun, dan sepertinya AS Roma sedang mempertimbangkan untuk mempermanenkan dia. Maka dari itu, Arsenal seharusnya tidak perlu pikir panjang jika penawaran untuk Mkhitaryan tiba di hadapannya.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.net (Penulis Yaumil Azis, Published 19/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓