Begini 5 Cara Sehat Memasak Telur Agar Tidak Hilang Nutrisinya

Oleh Gayuh Tri Pinjungwati pada 19 Jun 2020, 19:25 WIB
Diperbarui 19 Jun 2020, 19:25 WIB
Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Jakarta Telur makanan bergizi yang sangat digemari masyarakat. Telur mengandung protein, vitamin, mineral, lemak sehat dan relatif rendah kalori.

Memasak telur ternyata juga dapat memengaruhi kandungan gizi pada telur. Bahan makanan ini juga dapat dimasak dengan berbagai cara dan mudah digabungkan dengan makanan sehat lainnya seperti sayuran.

Berikut ini adalah cara sehat untuk memasak telur tanpa mengurangi kandungan gizinya:

Pilih Metode Memasak Rendah Kalori

Telur salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi, Sahabat Fimela dapat memasaknya dengan cara yang lebih sehat, tanpa harus menghilangkan kandungan vitaminnya. Jika ingin mengurangi kalori, gunakan metode merebus. Metode ini tidak akan menambah kalori dan lemak sehingga telur rebus sangat baik daripada menggunakan metode menggoreng atau membuatnya menjadi telur dadar.

Masak dengan Sayur

Telur juga cocok sekali dimasak dengan sayuran. Ini berarti mengonsumsi telur adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan asupan sayuran dan menambah serat serta vitamin tambahan ke makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Orak-raik telur atau telur dadar dengan sayur bisa menjadi hidangan lezat penuh nutrisi.

2 dari 2 halaman

Menggoreng dengan Api Besar

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Memasak dengan minyak yang terbaik adalah dengan api besar, seperti ketika menggoreng. Hal ini dilakukan agar minyak tetap stabil pada suhu tinggi dan tidak mudah teroksidasi untuk membentuk radikal bebas yang berbahaya. Jika memasak menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa yang terbaik adalah memasak pada suhu lebih rendah dari 210 derajat celcius dan 177 derajat celcius.

Pilih Telur Paling Bergizi

Sejumlah faktor termasuk metode beternak dan pola makan ayam dapat memengaruhi kualitas gizi telur. Secara umum, ayam yang dibesarkan di padang rumput dan mengonsumsi makanan organik lebih bergizi daripada ayam yang diternak di dalam kandang.

Jangan Terlalu Lama Memasaknya

Semakin lama dan lebih panas memasak telur, semakin banyak nutrisi yang hilang. Memasaknya dengan suhu yang tinggi dan lebih lama juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol teroksidasi yang dikandungnya, ini khusus untuk memasak dengan metode menggoreng.

Secara keseluruhan, metode memasak yang dengan waktu yang lebih cepat dan rendah dapat menyebabkan telur mengalami oksidasi kolesterol dan namun dapat mempertahankan sebagian besar nutrisi telur. Merebus adalah salah satu metode memasak telur yang paling sehat, karena merebus juga tidak akan membuat penambahan kalori yang berlebihan.

Disadur dari Fimela.com (Gayuh Tri Punjungwati,published 19/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓