8 Wonderkid yang Hanya Sekali Bermain untuk Tim Utama MU

Oleh Yus Mei SawitriArio Yosia pada 18 Jun 2020, 17:25 WIB
Diperbarui 18 Jun 2020, 17:25 WIB
Manchester United
Perbesar
Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

Manchester - Beberapa pemain menghabiskan hampir seluruh kariernya di Manchester United (MU). Sebut saja  Ryan Giggs, Paul Scholes, hingga Gary Neville. 

Mereka sedikit dari beberapa pemain yang memperkuat MU sejak masih di akademi. Ketiganya kemudian berkembang dan berlanjut menjadi tulang punggung tim hingga mempersembahkan berbagai gelar bergengsi. 

Namun, tak sedikit pula pemain yang hanya numpang lewat di MU. Mereka terpaksa meninggalkan Old Traffford terlalu cepat, tanpa memberikan kesan apa pun. 

Beberapa pemain bahkan hanya punya kesempatan turun sekali membela tim utama MU di Liga Inggris. Tentu saja, itu menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi sebagian pemain.

Total ada 20 pemain, tak termasuk Demetri Mitchell dan Joel Pereira yang masih di klub, yang hanya sekali bermain untuk tim utama MU di kancah Liga Inggris. Berikut 15 pemain di antaranya.  

2 dari 10 halaman

Josh Harrop

Josh Harrop
Perbesar
Reaksi Josh Harrop saat mencetak gol ke gawang Crystal Palace, pada laga terakhir Premier League 2016-2017, di Stadion Old Trafford, Minggu (21/5/2017). (AFP/Oli Scarff)

Josh Harrop hanya sekali bermain untuk tim utama Manchester United, tapi berjalan cukup mengesankan. Sang winger mencetak gol pada laga debutnya melawan Crystal Palace pada 2017, tapi kemudian dilego ke Preston tak lama berselang. 

Jadi, dia membukukan satu gol per pertandingan di MU. 

Harrop bermasalah dengan cedera dalam beberapa tahun terakhir. Tapi, dia kini tercatat telah mencetak delapan gol dalam 24 laga untuk Preston musim ini. 

3 dari 10 halaman

Ben Amos

Kiper Manchester United Ben Amos
Perbesar
Kiper Manchester United Ben Amos (AFP/Johannes Eisele)

Ben Amos juga hanya sekali tampil untuk MU di Premier League. Debutnya bersama United dilakoni pada ajang Piala Liga Inggris, tapi baru mencicipi laga Premier League pertama melawan Stoke City pada 2012. Pada laga kontra Stoke City tersebut dia mencatat clean sheet dengan kemenangan 2-0. 

Ben Amos dilepas MU pada 2015 dan menghabiskan empat tahun di Bolton Wanderers sebelum gabung Charlton pada awal musim ini. 

4 dari 10 halaman

Manucho

Manucho
Perbesar
Manucho, Manchester United (Dok.Manchester United)

Manucho benar-benar pemain yang tak dikenal ketika MU mengumumkan memboyongnya dari Petro Atletico pada 2007. 

Gara-gara masalah izin kerja, dia sempat dipinjamkan dulu ke Panathinaikos. Namun, dia akhirnya menjalani debut di Premier League sebagai pemain pengganti kontra Stoke City. 

Sekarang sang striker bermain untuk klub Cornella di Spanyol. 

5 dari 10 halaman

Michael Keane

Michael Keane
Perbesar
Michael Keane (GLYN KIRK / AFP)

Keane mendapatkan debut di liga oleh Louis van Gaal saat melawan Sunderland pada 2014. Namun, setelah kekalahan 0-4 kontra MK Dons dua hari berselang di Piala FA, menyudahi kariernya di Old Trafford.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu dijual ke Burnley, kemudian pada 2017 digaet oleh Everton. 

 

6 dari 10 halaman

Tom Lawrence

Tom Lawrence
Perbesar
Tom Lawrence (bleacherreport)

Setelah lulus dari akademi MU, Lawrence mendapatkan debut melawan Hull City pada 2014. Namun, itu menjadi satu-satunya penampilannya untuk Setan Merah di Premier League. 

Dia dijual ke Leicester City beberapa pekan berselang. Setelah tiga tahun di Leicester, Lawrence gabung Derby County pada 2017. 

7 dari 10 halaman

Dong Fangzhuo

Mantan Penyerang Manchester United Latih Anak-Anak di China
Perbesar
Mantan penyerang Manchester United, Dong Fangzhuo berpose untuk sebuah foto saat wawancara dengan AFP di Xiamen di provinsi Fujian, China (10/12/2019). Dong Fangzhuo yang kini berusia 34 tahun melatih anak-anak di China, beberapa di antaranya berkebutuhan khusus. (AFP/Hector Retamal)

Pada 2004, Dong Fangzhuo menjadi pemain China pertama yang gabung MU. Meskipun ada kritikan kesepakatan itu hanya untuk mendongkrak pemasaran di China. 

Dong tak bisa berbuat banyak dan hanya mencatatkan satu kali laga di Premier League. Dia berduet dengan Ole Gunnar Solskjaer pada laga kontra Chelsea pada 2007. 

Sang pemain telah pensiun pada usia 29 tahun. 

 

8 dari 10 halaman

Kieran Lee

Kieran Lee (Sheffield Wednesday)
Perbesar
Kieran Lee (kiri), gelandang Sheffield Wednesday saat laga Piala FA kontra Manchester City. (AFP/Oli Scarff)

Kieran Lee mengawali kariernya di akademi Manchester United. Tapi, jalan sang winger ke tim utama terhalang kehadiran Cristiano Ronaldo. 

Meskipun mencetak gol pada laga debutnya di Piala Liga Inggris, Lee hanya tampil sekali di Premier League. Dia tampil saat menerima guard of honour dari pemain Chelsea setelah MU menjuarai liga pada 2007. 

Sang pemain kemudian pindah ke Oldham dengan bebas transfer pada 2008 dan menghabiskan 7,5 tahun di Sheffield Wednesday. 

9 dari 10 halaman

Philip Mulryne

Philip Mulryne merupakan bagian dari skuat MU yang menjuarai Piala FA Junior 1995. Tapi, satu-satunya tampilannya di liga untuk MU datang pada musim 1997-1998. 

Sang gelandang kemudian dijual ke Norwich pada 1999 dan kemudian menjajal peruntungan di Cardiff, Leyton Orient, dan Kings Lynn, sebelum pensiun pada 2008.

Setelah pensiun, dia banting setir menjadi pastor.  

10 dari 10 halaman

Paul Rachubka

Rachubka menjalani laga debut di MU pada Piala Dunia Antarklub 2000 di Brasil. Tapi, dia juga hanya mencicipi tampil sekali di Premier League. 

Sang kiper bermain untuk 15 klub sepak bola sepanjang kariernya. Karier paling lama adalah dua musim di Leeds United. 

 

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Ario Yosia dan Yus Mei Sawitri / Editor Ario Yosia, Published 18/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓