Sukses

Viral Berharga Jutaan Rupiah, Uang Koin Kelapa Sawit Memang Istimewa

Uang koin kelapa sawit ini menjadi viral setelah penawaran harganya melebihi nilai di beberapa situs perdagangan online.

Liputan6.com, Jakarta - Uang koin kelapa sawit dengan nominal Rp 1.000 sedang viral. Di situs jual beli online, harganya bisa mencapai pulhan juta, yang membuat warganet terkejut.

Uang koin kelapa sawit ini menjadi viral setelah penawaran harganya melebihi nilai di beberapa situs perdagangan online. Uang terbitan tahun 1993 itu pun langsung menjadi perbincangan warganet.

Seperti di Shopee, uang koin kelapa sawit dijual dengan harga Rp 17 juta. Sementara di tokopedia, uang lama buatan Bank Indonesia ini dibandrol oleh penjual hingga Ro 27 juta.

Hal ini bisa saja terjadi karena penjual bisa menaruh harga sesuka mereka. Namun, uang koin kelapa sawit ini memang istimewa.

Mengutip dari situs Bank Indonesia, komposisi asli uang logam ini berbeda dari uang koin lainnya. Lingkaran luar uang koin kelapa sawit terbuat dari cupro nikel. Sedangkan lingkaran dalam berbaham aluminium bronze (tembaga).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koin Langka

Bila dibandingkan dengan koin lain, uang koin kepala sawit ini menjadi satu-satunya koin bimetal terbitan Bank Indonesia. Bila dilihat dari situs Bank Indonesia, uang koin kelapa sawit ini punya banyak keistimewaan.

Keistimewaan lain uang koin kelapa sawit terletak pada temanya. Koin ini merupakan satu-satunya uang logam BI yang bertema tanaman perkebunan. Ada satu koin BI yang bertema tanaman, tapi bunga-bungaan: koin Rp 500 bunga melati. Koin BI yang lain kebanyakan bertema burung, yaitu burung Kepodang (Rp 50), Kakak Tua (Rp 100), serta Jalak Bali (Rp 200).

Dilihat dari bobotnya, uang koin kelapa sawit ini adalah uang logam keluaran Bank Indonesia dengan bobot berberat, yaitu 8,6 gram. Adapun dari diameter alias garis tengah, koin kelapa sawit berada di urutan kedua (26 mm) kalah gede dari koin bunga melati pecahan Rp 500 bunga.

Itulah beberapa keistimewaan uang koin kelapa sawit yang beberapa hari terakhir viral karena ada yang menjualnya dengan harga sampai puluhan juta rupiah.

 

3 dari 3 halaman

Pertama Kali Muncul

Uang ini pertama kali muncul ada tanggal 8 Maret 1993. Sebelum itu belum pernah BI mengeluarkan uang logam pecahan Rp 1.000 rupiah. Nah, koin kelapa sawit adalah uang logam pecahan Rp 1.000 yang pertama di Indonesia.

Data di situs resmi Bank Indonesia menunjukkan bahwa uang logam terakhir yang dicabut dari peredaran adalah pecahan Rp 25 (1991) pada tahun 2010 lalu. Namun, uang tersebut masih bisa dijadikan alat tukar saat melakuka transaksi jual beli di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini