11 Fakta Unik Marcus Rashford

Oleh Ario Yosia pada 18 Jun 2020, 13:50 WIB
Diperbarui 18 Jun 2020, 13:50 WIB
Manchester United Vs Aston Villa
Perbesar
Striker Manchester United, Marcus Rashford, tampak kecewa usai ditahan imbang Aston Villa pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (1/12). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AFP/Oli Scarff)

Manchester - Suporter Manchester United (MU) sudah rindu ingin menyaksikan aksi Marcus Rashford. Kerinduan itu dapat terobati saat MU melawan Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Inggris, Jumat (18/6/2020). Keajaiban apa yang bisa disajikan Rashford, yang sempat menepi lama karena cedera.

Marcus Rashford merupakan aset berharga MU saat ini. Di usianya yang masih amat muda, ia sudah menciptakan banyak rekor.

Pada usia ke-22, rupanya sang bomber punya catatan gol yang lebih baik dari Cristiano Ronaldo. Ia merayakan ulang tahun ke-22 pada 31 Oktober 2019 silam.

Rashford memberi kado istimewa pada dirinya sendiri untuk perayaan ulang tahun ke-22. Kado tersebut didapat saat membawa MU menang 2-1 atas Chelsea pada Carabao Cup di Stamford Bridge (30/10/2019).

Di laga tersebut, Rashford tampil sangat bagus. Pemain asal Inggris menjadi bintang kemenangan United. Rashford dua kali membobol gawang Chelsea. Satu gol dari tendangan penalti dan satu dari tendangan bebas.

Gol tendangan bebas Marcus Rashford juga mendapat banyak pujian. Rashford mencetak gol dari jarak jauh dengan sepakan kerasnya. Gol itu disejajarkan dengan gol tendangan bebas Cristiano Ronaldo ke gawang Portsmouth.

2 dari 4 halaman

Jago Tendangan Bebas

Manchester United Ditahan Imbang Aston Villa di Old Trafford
Perbesar
Pemain Manchester United Marcus Rashford berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Aston Villa pada pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (1/12/2019). Skor berakhir 2-2. (Martin Rickett/PA via AP)

Marcus Rashford dan Cristiano Ronaldo bakal mendapat perbandingan lain. Bukan hanya dari gol tendangan bebasnya, tetapi juga terkait jumlah gol yang dicetaknya pada saat berusia 22 tahun. Faktanya, Rashford lebih tajam.

Ketika merayakan ulang tahun ke-22, Marcus Rashford tercatat telah memainkan 184 pertandingan bersama klubnya. Semuanya terjadi untuk Manchester United. Rashford memang pemain jebolan akademi United.

Dari 184 pertandingan yang sudah dijalani, Rashford mampu mencetak 52 gol. Dua gol terakhir diciptakan ke gawang Chelsea di Carabao Cup tengah pekan ini.

Dengan catatan gol tersebut, Rashford mampu melampai catatan gol Cristiano Ronaldo pada usia yang sama. Saat berusia 22 tahun, Ronaldo hanya mencetak 47 gol di klubnya. Saat itu, Ronaldo bermain untuk Sporting CP dan Manchester United.

3 dari 4 halaman

Sejajar dengan Harry Kane

10 Penyerang termahal di dunia
Perbesar
Harry Kane (Tottenham Hotspur) (AFP/Ian Kington)

Rashford menjalani debutnya di Manchester United pada usia yang sangat muda, 18 tahun. Rashford mulai menjadi pemain utama United pada 2015/2016. Pada musim itu, Rashford sudah mampu mencetak lima gol di Premier League.

Kini, pada usia 22 tahun, Rashford tercatat telah mencetak 52 gol. Jumlah gol yang dicetak Rashford tersebut sama dengan Harry Kane pada usia yang sama. Harry Kane sudah mencetak 52 gol pada usia 22 tahun.

Rashford, pada usia 22 tahun, punya catatan gol yang lebih baik dari rekan satu timnya, Anthony Martial. Pemain asal Prancis tersebut mencetak 48 gol untuk klubnya sebelum merayakan ulang tahun ke-22.

4 dari 4 halaman

12 Fakta Unik Sang Striker

Marcus Rashford dan Pemain Hasil Akademi Manchester United
Perbesar
Marcus Rashford - Rashford mampu menujukan kualitasnya sebagai penyerang hasil Akademi Manchester United. Pemain berusia 22 tahun ini telah mencetak 14 gol dari 22 penampilannya bersama The Red Devils di musim ini. (AFP/Oli Scarff)
  1. Marcus Rashford lahir pada 31 Oktober 1997 di Wythenshawe, Manchester, Inggris.
  2. Rashford sudah bergabung dengan Manchester United sejak usia tujuh tahun.Rekor Rashford adalah mencetak gol pada debutnya di Europa League dan Premier League.
  3. Dia juga mencetak gol dalam debutnya di Derby Manchester, Piala Liga, dan Liga Champions.Rashford juga mencetak gol dalam debutnya untuk timnas Inggris pada Mei 2016. Ia menjadi pemain Inggris termuda yang mencetak gol di timnas senior.
  4. Rashford mengawali karier sepakbolanya di Fletcher Moss Rangers pada usia lima tahun. Dua tahun kemudian ia bergabung dengan akademi Manchester United.
  5. Rashford mengidolai striker Brasil, Ronaldo. Pertandingan Ronaldo pertama yang ia saksikan adalah ketika striker 18 September 1976 mencetak hattrick kala Real Madrid menghadapi Manchester United di Old Trafford pada 2003. Kala itu, Ronaldo mendapatkan standing ovation kala ia meninggalkan lapangan. Rashford berujar: "Saya tumbuh dengan menyaksikan begitu banyak dirinya dan pertandingannya. Dia selalu bermain dengan bebas. Tak peduli di mana dia bermain, dia bermain begitu bebas. Ketika Anda melakukan itu, itulah ketika Anda memainkan sepak bola terbaik."
  6. Nama Rashford tercantum ke daftar tim utama untuk pertama kali pada 21 November 2015 oleh Louis van Gaal di Premier League dalam pertandingan menghadapi Watford.
  7. Pada 25 Februari 2016, Rashford menjadi starter dalam babak 32 besar Europa League kala menghadapi Midtjylland. Rashford dimasukkan karena Anthony Martial cedera di sesi pemanasan. Dalam debutnya di tim utama, Rashford mencetak dua gol di babak kedua dalam kemenangan 5-1 United.
  8. Gol Rashford ketika melawan Midtjylland menjadikannya pemain Seran Merah termuda yang pernah mencetak gol di kompetisi Eropa. Ia mematahkan rekor legenda klub, George Best.
  9. Debut Rashford di Premier League terjadi tiga hari berselang. Dia lagi-lagi mencetak dua gol dan memberikan satu asis dalam kemenangan 3-2 United atas Arsenal. Ini menjadikannya sebagai pemain Manchester United termuda ketiga di Premier League yang mencetak gol setelah Federico Macheda dan Danny Welbeck.
  10. Di usia 18 tahun 141 hari, Rashford menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol di Derby Manchester sejak era Premier League.
  11. Di musim pertamanya bersama Manchester United, Rashford mencetak delapan gol dalam 18 penampilan. Padahal, ia baru debut pada Februari 2016. Atas prestasinya ini, Rashford dianugerahi penghargaan Jimmy Murphy Young Player of the Year.

 

Sumber:  Squawka

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Ario Yosia, Published 18/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓