Sukses

Napoli Juara Coppa Italia Usai Tekuk Juventus Lewat Adu Penalti

Napoli mengangkat trofi Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti 4-2 (0-0) dalam laga final.

Liputan6.com, Roma - Napoli mengangkat trofi Coppa Italia 2019-2020 setelah mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti 4-2 (0-0) dalam laga final yang berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB.

Tendangan Arkadiusz Milik menjadi penentu kemenangan Napoli dalam drama adu penalti kontra Juventus, yang dua algojo pertama mereka yakni Paulo Dybala dan Danilo gagal menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor. Ini jadi trofi Coppa Italia keenam bagi Napoli dan yang pertama bagi Gennaro Gattuso sebagai pelatih. 

Jalannya pertandingan

Juventus menunjukkan dominasi atas Napoli sejak menit-menit awal pertandingan. Tim arahan Maurizio Sarri tampak ingin segera mencetak gol.

Peluang pertama Juventus diperoleh Cristiano Ronaldo pada menit kelima, tapi tendangan mendatarnya dapat ditepis kiper Napoli, Alex Meret. Tekanan terus diberikan Juventus.

Pada menit ke-20, gelandang Juventus, Rodrigo Bentacur, melepaskan tembakan, namun bisa ditangkap Meret dengan mudah. Serangan Napoli belum ada yang berbahaya.

Baru pada menit ke-24, Napoli punya peluang emas ketika tendangan bebas Lorenzo Insigne masih membentur mistar gawang Juventus yang dikawal Gianluigi Buffon.

Lini belakang Napoli tampil disiplin dalam laga ini, sehingga Cristiano Ronaldo terlihat kesulitan mencari celah. Alex Meret juga bermain percaya diri di bawah mistar gawang Napoli.

Buffon menggagalkan dua peluang Napoli pada menit ke-41, yang pertama saat tembakan jarak dekat yang dilepaskan Diego Demme. Kemudian menepis tendangan Insigne dari luar kotak penalti. Skor 0-0 sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Situasi di awal babak kedua terlihat lebih menarik, di mana Napoli dan Juventus terlihat sedikit lebih berani bermain terbuka. Kans didapat I Bianconeri pada menit ke-49, sayang tendangan Blaise Matuidi masih melambung.

Namun, permainan mulai tampak seperti di babak pertama, dengan tempo sedikit lambat. Juventus punya peluang pada menit ke-63, tapi sepakan Paulo Dybala melebar dari gawang I Partenopei.

Semenit berselang, bek I Bianconeri, Leonardo Bonucci juga mengancam gawang Napoli yang dikawal Alex Meret, namun tidak berbuah gol. Sejumlah pergantian pemain dilakukan kedua tim di babak kedua.

Meski begitu, tidak banyak peluang tercipta dari kedua tim dengan perubahan yang dilakukan. Tapi, ketika laga memasuki menit ke-89, Juventus dan Napoli jual beli serangan, hingga terdapat beberapa peluang mencetak gol.

Napoli nyaris unggul saat sundulan Nikola Maksimovic pada menit ke-90+2 dapat diblok Buffon. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak kedua usai, skor tetap 0-0. Laga pun langsung dilanjutkan ke babak adu penalti.

Hasil Adu Penalti

Napoli (4): Insigne = gol, Politano = gol, Maksimovic = gol, Milik = gol

Juventus (2): Dybala = gagal, Danilo = gagal, Bonucci = gol, Ramsey = gol

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Susunan Pemain

Napoli: Meret; Di Lorenzo, Maksimovic, Koulibaly, Mario Rui (Hysaj 81'); Fabián Ruiz (Allan 81'), Demme, Zielinski (Elmas 88'); Callejon (Politano 67'), Mertens (Milik 67'), Insigne.

Juventus: Buffon; Cuadrado (Ramsey 85'), Bonucci, De Ligt, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic (Bernardeschi 74'), Matuidi; Dybala, Ronaldo, Douglas Costa (Danilo 66').

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.