Sukses

Tekan Pemerintah Inggris, Marcus Rashford Dapat Pujian Josep Guardiola

Josep Guardiola memuji Marcus Rashford dan Raheem Sterling yang berani mengeluarkan pendapat. Dia mengkritik orang yang menyebutkan pesepak bola seharusnya hanya memikirkan olahraga.

Liputan6.com, Manchester - Pelatih Manchester City, Josep Guardiola boleh bersaing di lapangan dengan Manchester United. Namun dalam hal politik dan sosial, ini tidak terjadi.

Guardiola misalnya mendukung aksi politik yang dilakukan striker Manchester United (MU), Marcus Rashford. Dia menilai aksi ini sangat brilian dan mengecam publik yang tak percaya pemain sepak bola bisa punya sikap.

Rashford seperti diketahui sudah memprotes kebijakan pemerintah Inggris yang menghentikan bantuan makan gratis untuk anak-anak selama pandemi virus corona covid-19. Ini pun langsung membuat pemerintah Inggris mengubah keputusan.

Selain Rashford, Josep Guardiola juga memuji pemainnya sendiri, Raheem Sterling. Winger Manchester City ini sebelumnya mendukung gerakan anti rasis menyusul terbunuhnya seorang warga kulit hitam di Amerika Serikat, George Floyd.

Josep Guardiola percaya pemain sepak bola harus bisa mengutarakan pendapat. Dia menyebutkan hanya orang bodoh yang bilang pesepak bola seharusnya hanya memikirkan olahraga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manusia Biasa

Guardiola mengatakan pesepak bola hanya sebuah profesi. Yang paling utama, kata dia, pesepak bola juga seorang manusia biasa.

"Mungkin orang-orang bodoh itu tak percaya Anda seorang manusia biasa juga," ujar Guardiola seperti dikutip Goal.com.

"Kita bisa menyuarakan pendapat seperti itu walaupun Anda seorang perawat, dokter dan politisi. Itulah kita, manusia."

 

3 dari 3 halaman

Sumbang Dana

 

Pesepak bola menjadi salah satu garda terdepan untuk membuat perubahan. Belum lama, mereka termasuk Josep Guardiola membantu komunitas yang terpengaruh oleh virus corona.

Guardiola dikabarkan memberikan bantuan 1 juta euro untuk membeli peralatan medis untuk kampung halamannya, Katalunya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini