Konflik Zidane Vs Bale, Masalah di Real Madrid yang Belum Ada Solusinya

Oleh Liputan6.com pada 17 Jun 2020, 08:20 WIB
Diperbarui 17 Jun 2020, 08:20 WIB
gareth bale - zinedine zidane
Perbesar
Gelandang Real Madrid Gareth Bale (kanan) mendapat instruksi dari pelath Zinedine Zidane pada laga melawan Legia Warsawa di Pepsi Arena, Warsawa, Rabu (2/11/2016). (AFP/Janek Skarzynski)

Madrid - Laga melawan Eibar memberi banyak petunjuk soal internal Real Madrid. Satu di antaranya polemik antara Zinedine Zidane dan Gareth Bale yang terus terjadi dan nampaknya mustahil dicari solusinya.

Real Madrid berjumpa Eibar pada Senin (15/6/2020) dini hari WIB di Stadion Alfredo Di Stefano. Laga pekan ke-28 La Liga ini menjadi pentas pertama bagi Real Madrid usai absen berlaga selama tiga bulan.

Hasil positif didapat Real Madrid. Sergio Ramos dan kolega menang dengan skor 3-1. Real Madrid tampil sangat bagus di babak pertama dengan mencetak tiga gol, tetapi menunjukkan penurunan di babak kedua.

Di balik catatan bagus itu, ada satu masalah pelik yang masih terdapat di skuad Real Madrid. Belum ada tanda membaiknya hubungan Zinedine Zidane dan Gareth Bale walau diyakini sempat ada 'gencatan senjata'.

Jurnalis Marca, Jose Felix Diaz, melaporkan bahwa keputusan Zinedine Zidane memainkan Rodrygo daripada Gareth Bale mendapat respon negatif. Gareth Bale tidak terima harus duduk di bangku cadangan setelah tiga bulan tidak berlaga.

"Ketika Gareth Bale bermain di babak kedua, dia sema sekali tidak memberikan banyak hal," tulis Jose Felix Diaz.

Jose Felix Diaz semula meyakini bahwa hubungan Zinedine Zidane dan Gareth Bale sudah mencair. Pada sesi latihan, pemain asal Wales memberi kesan yang bagus. Namun, semuanya berubah saat Zidane memutuskan Bale hanya duduk di bangku cadangan.

"Ketika dipanggil untuk melakukan pemanasan, dia nampak absen, seolah pertandingan itu tidak terkait dengannya."

"Tampaknya tidak ada solusi untuk masalah itu, hubungan antara Zinedine Zidane dan Gareth Bale di Real Madrid," tambah Jose Felix Diaz.

2 dari 2 halaman

Komunikasi yang Buruk

Melihat Zidane Pimpin Latihan Real Madrid
Perbesar
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane melihat kiper Luca Zidane dan Gareth Bale berlatih di fasilitas pelatihan Valdebebas di Madrid (15/3). Real Madrid akan bertanding melawan Celta Vigo pada lanjutan La Liga Spanyol. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

Jose Felix Diaz menduga ada komunikasi yang buruk antara Zinedine Zidane dan Gareth Bale. Bukan hanya soal teknis di atas lapangan atau tentang sepak bola, tetapi juga hal mendasar yakni bahasa yang berbeda.

"Hubungan antara pemain dan pelatih tidak pernah dekat, mereka tidak berbicara bahasa yang sama. Ini sudah terlihat sejak musim 2017/2018 lalu. Saat Gareth Bale menjadi cadangan di final Liga Champions," kata Diaz.

Hubungan Zidane dan Gareth Bale sempat memanas pada awal musim 2019-2020. Zidane ingin Real Madrid menjual Gareth Bale. Ada kontak dengan klub China, tetapi Gareth Bale tidak ingin pindah dan Real Madrid gagal menjualnya.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 16/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓