Sukses

Tentang Propolis, dari Manfaat hingga Hal yang Perlu Diwaspadai

Walau sudah diteliti oleh para pakar, tetapi efektivitas propolis belum cukup terbukti secara ilmiah serta harus dikaji ulang dengan lebih lanjut.

Liputan6.com, Jakarta - Selain memproduksi madu, ternyata lebah juga menghasilkan senyawa yang lengket dengan warna cokelat kehijauan. Senyawa ini disebut propolis.

Propolis adalah getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai macam pohon, sumber botani lain, dan aliran getah. Getah ini dipergunakan oleh lebah untuk memperbaiki celah sarangnya.

Layaknya madu yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan, propolis bahkan mengandung lebih dari 300 senyawa kimia. Kandungan propolis yang paling banyak adalah polifenol yang memiliki tugas sebagai antioksidan mengatasi kerusakan serta penyakit di dalam tubuh.

Propolis bekerja melawan virus, bakteri dan jamur. Walaupun sudah diteliti oleh para pakar, tetapi efektivitas propolis belum cukup terbukti secara ilmiah serta harus dikaji ulang dengan lebih lanjut. Lalu, apa saja manfaat propolis untuk kesehatan? Simak rangkumannya:

1. Mengurangi rasa sakit setelah operasi mulut

Propolis memiliki manfaat sebagai obat kumur, nantinya propolis akan mempercepat penyembuhan serta mengurangi rasa sakit sesudah bedah mulut dilakukan.

2. Herpes genital

Propolis juga dapat menyembuhkan herpes genital yang dikarenakan oleh herpes simpleks tipe 2. Beberapa penelitian menunjukkan jika penyembuhan luka bisa menjadi lebih cepat bila dibandingkan dengan pengobatan konvensional seperti mempergunakan obat oles acyclovir.

3. Menyembuhkan luka melepuh di bibir

Cara pengaplikasiannya dengan mengoleskan propolis di bagian yang melepuh. Propolis nantinya akan mempercepat penyembuhan serta mengurangi rasa sakit.

4. Memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan

Propolis dikenal memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Propolis dapat bekerja sebagai antibiotik alami. Propolis juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga bagus untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan harian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat untuk Kecantikan dan Tetap Waspada

1. Meredakan gatal

Gatal di kulit biasanya ditandai dengan ruam kemerahan dan gatal. Saat terjadi kondisi seperti ini, menggaruk bukan menjadi sebuah solusi, lebih baik Anda segera menanganinya dengan obat, salah satunya propolis.

Banyak produk propolis yang sudah berkembang seperti untuk salep, lotion hingga sabun mandi. Penggunaan sabun propolis akan membantu Anda mengatasi masalah kulit.

2. Menyamarkan luka

Penggunaan propolis yang lain yaitu menyamarkan luka. Propolis memiliki kandungan zat antiseptik alami, sehingga dapat menyembuhkan luka dalam waktu cukup singkat.

3. Mengatasi jerawat

Jika sekarang ini Anda memiliki masalah jerawat yang cukup parah, tak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba bahan alami untuk mengatasi wajah yang berjerawat tersebut. Berdasarkan sumber ini, propolis dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Propolis mempunyai kandungan antiseptik yang ampuh untuk meredakan kulit iritasi dan jerawat meradang. Mengoleskan propolis di wajah juga berguna untuk mengembalikan lapisan kulit yang mengalami kerusakan karena jerawat.

4. Anti-penuaan

Propolis mengandung mineral yang berguna untuk membangun kembali sel kulit yang mengalami kerusakan. Antioksidan di dalam propolis nantinya membantu melawan oksidan seperti UV dan polusi.

Sehingga, kulit Anda akan terlindung jauh lebih lama, bukan hanya itu, propolis juga memiliki kandungan flavonoid yang berguna untuk mencerahkan kulit serta menghilangkan noda hitam pada wajah.

5. Melembapkan kulit

Zat alami di dalam propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan. Propolis juga dapat melembabkan kulit. 

Meski ada berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh propolis, namun Anda harus tetap hati-hati dalam menggunakan propolis. Terlebih jika Anda penderita asma.

Selain itu jika Anda memiliki alergi terhadap lebah, lebih baik hindari menggunakan propolis karena dapat membuat alergi kamu menjadi semakin parah.

Propolis memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun bukan berarti kita bisa langsung mengonsumsinya tanpa petunjuk apapun dari dokter. Konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi propolis jika Anda memiliki penyakit tertentu.

(Putu Elmira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini