3 Rekor La Liga yang Dipecahkan Messi Bersama Barcelona Musim Ini

Oleh Ario Yosia pada 14 Jun 2020, 20:45 WIB
Diperbarui 14 Jun 2020, 20:45 WIB
Barcelona FC - Lionel Messi
Perbesar
Barcelona FC - Lionel Messi (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta - Kompetisi La Liga akhirnya resmi bergulir lagi. Event paling bergengsi sepak bola Spanyol itu sebelumnya sempat terhenti sejak bulan Maret lalu karena pandemi virus corona.

Juara bertahan Barcelona tentunya sudah siap untuk tampil di atas lapangan. Dengan demikian, para pecinta sepak bola bisa kembali melihat Lionel Messi beraksi.

Messi bisa dibilang sebagai pemain terbaik La Liga sepanjang masa. Ia berhasil mencetak 438 gol dan 183 assist dalam 474 pertandingan.

Dalam sepanjang kariernya, Messi sudah menyabet 10 gelar La Liga. Mungkin tidak banyak pemain yang bisa menyamai prestasi tersebut.

Pada musim ini, Messi sudah mencetak 19 gol di La Liga. Koleksi golnya masih bisa bertambah menyusul bergulirnya kembali La Liga.

Selain itu, Lionel Messi juga masih bisa mencatatkan namanya di buku rekor. Berikut ini tiga rekor La Liga yang bisa diincar Lionel Messi musim ini seperti dilansir Ronaldo.com.

Pencetak Gol Terbanyak La Liga Beruntun

Barcelona Vs Atletico Madrid
Perbesar
(AP/Manu Fernandez)

Lionel Messi telah memenangkan trofi Pichichi tiga kali berturut-turut sejak 2016/17. Trofi itu diraihnya setelah finis sebagai pencetak gol terbanyak La Liga.

Jika kembali menjadi pencetak gol terbanyak di liga, Messi akan menyamai rekor Hugo Sanchez. Ia meraih empat trofi Pichichi berturut-turut antara 1984/85 dan 1987/88.

Legenda Meksiko itu adalah salah satu striker terhebat di masanya. Ia mencetak 234 gol dalam 347 pertandingan di La Liga untuk Atletico Madrid, Real Madrid dan Rayo Vallecano.

Gol Penalti Terbanyak di La Liga

Barcelona Bersiap Hadapi Inter Milan di Giuseppe Meazza
Perbesar
(AFP/Josep Lago)

Cristiano Ronaldo adalah pemegang rekor gol penalti terbanyak di La Liga saat ini setelah mencetak 61 gol dari penalti dari 71 kesempata untuk Real Madrid antara 2009 dan 2018. Hal itulah yang membuat para penggemar menjulukinya sebagai 'Penaldo'.

Tapi mungkin rekor itu bisa segera berpindah tangan. Sebab, Messi hanya terpaut enam gol penalti dari jumlah yang ditorehkan Ronaldo.

Kapten Barcelona itu menambah koleksi gol penaltinya menjadi 55 musim ini setelah mencetak tiga gol dari titik putih melawan Levante, Celta Vigo dan Real Sociedad. Dan meski peluang untuk menyamai catatan Ronaldo sampai akhir musim sangat kecil, tidak ada yang mustahil dalam sepakbola.

Tetapi jika Messi tidak hati-hati, pemain Argentina itu justru bisa menyamai rekor Hugo Sanchez untuk pemain yang paling banyak gagal mengeksekusi tendangan penalti, 15 kali. Sejauh ini Messi sudah gagal mengeksekusi penalti sebanyak 12 kali.

Rekor 7 Trofi Pichichi

Barcelona Vs Granada
Perbesar
(AFP/Lluis Gene)

Lionel Messi sudah menyamai rekor Telmo Zarra sebagai pemain yang paling banyak memenangkan trofi Pichichi. Keduanya sama-sama mengoleksi enam trofi.

Messi menyamai rekor legenda Athletic Bilbao itu pada musim lalu setelah finis sebagai pencetak gol terbanyak La Liga untuk keenam kalinya dalam kariernya. Sekarang setelah mencetak 19 gol di liga musim ini, Messi berpeluang memenangkan trofi Pichichi untuk kali ketujuh.

Pesaing terdekat bintang Barcelona itu adalah Karim Benzema dengan 14 gol. Pemain Real Madrid itu baru mencetak dua gol dalam 11 pertandingan La Liga terakhirnya.

Sumber asli: Ronaldo.com

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 12/6/2020)

Video

Lanjutkan Membaca ↓