Sukses

Korban Balapan Bertambah, F1 Coret GP Azerbaijan, Singapura, dan Jepang

Otoritas F1 sebelumnya sudah menghapus empat GP di Australia, Monako, Belanda, dan Prancis.

Liputan6.com, London - Formula 1 (F1) kembali membatalkan balapan karena pandemi virus Corona. Seri Azerbaijan, Singapura, dan Jepang dicoret dari kalender tahun ini Jumat (12/6/2020).

Otoritas F1 sebelumnya sudah menghapus empat GP di Australia, Monako, Belanda, dan Prancis. Mereka baru-baru ini merilis revisi kalender sementara yang dimulai di Red Bull Ring, Austria, pada 5 Juli. Persaingan berlangsung hingga September dan menghadirkan delapan balapan.

"Sebagai dampak tantangan yang disebabkan Covid-19, kami dan para promotor di Azerbaijan, Singapura, dan Jepang memutuskan untuk membatalkan ajang untuk musim 2020," tulis keterangan resmi F1.

Azerbaijan dan Singapura sulit dilaksanakan karena menggunakan sirkuit jalan raya. Pembangunan lokasi balapan membutuhkan waktu lama.

"Selain penutupan venue ajang, tantangan lain termasuk pembatasan perkumpulan massa dan perjalanan di seluruh dunia," jelas F1.

"Di Jepang, pembatasan perjalanan juga masih berlaku maka kami tetapkan tidak menggelar balapan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Balapan Lain

Direktur F1 Ross Brawn mengatakan ada kemungkinan untuk menggelar paruh kedua musim setelah delapan seri awal yang baru dirilis.

Ada skenario menggelar balapan di Sirkuit Mugello yang biasa menggelar MotoGP. F1 juga membuka skenario melangsungkap GP di sirkuit yang sebelumnya tidak masuk rencana 2020, yakni Imola (Italia), Hockenheimring (Jerman) dan Portimao (Portugal).

Penyelenggara menunggu perkembangan krisis Corona sebelum memutuskan apakah bakal menggelar balapan di luar Eropa. Mereka diketahui berniat melangsungkan seri di Asia dan Amerika sebelum menutup musim di Timur Tengah.

"Kami yakin bisa menghadirkan 15-18 balapan musim ini dan selesai di Abu-Dhabi pada pertengahan Desember. Kami berharap mengeluarkan kalender final sebelum memulai musim kami di Austria," tulis keterangan F1.

3 dari 3 halaman

9 Lokasi Menunggu Keputusan

Masih ada sembilan lokasi yang masih menunggu keputusan apakah bisa menggelar F1 musim ini atau tidak. Venue itu terletak di Rusia, Amerika Serikat, Meksiko, Brasil, Uni Emirat Arab, Bahrain, Vietnam, Tiongkok, dan Kanada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini