Perubahan Aturan FIFA Berdampak pada Strategi Transfer MU dan City

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 12 Jun 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2020, 11:00 WIB
img_fifa-021210.jpg
Perbesar
Logo FIFA dari markas besarnya di Zurich, Swiss. Foto diambil pada 20 Oktober 2010 jelang biding Piala Dunia 2018 dan 2022.AFP PHOTO/SEBASTIAN DERUNGS

Liputan6.com, Manchester - Liga Inggris rencananya akan kembali bergulir pada 17 Juni 2020, setelah terhenti akibat virus corona covid-19. Semua pertandingan di liga ini telah ditangguhkan sejak 13 Maret 2020 lalu.

Namun, jadwal penyelesaian Liga Inggris musim ini belum ditetapkan apakah sampai akhir Juli atau awal Agustus.

Meski begitu, FIFA sudah mengumumkan dua perubahan peraturan penting pada Kamis sore (11/6/2020). Yang pertama memungkinkan pemain sekarang bermain untuk tiga klub berbeda di musim yang sama.

Aturan kedua akan memungkinkan setiap klub yang mengoperasikan musim mereka dalam dua tahun, termasuk di Liga Inggris, untuk membuka jendela transfer sebelum akhir musim ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan FIFA

"Untuk menghindari kekhawatiran tentang pemain yang menganggur, pemain diizinkan untuk terdaftar dengan maksimum tiga klub dan berhak bermain dalam pertandingan resmi untuk tiga klub selama musim yang sama." Demkian pernyataan lengkap FIFA.

"Untuk memberikan prioritas kepada klub untuk menyelesaikan musim (2019/20) mereka dengan skuat asli mereka, memberikan fleksibilitas, dan memungkinkan MA untuk merencanakan dengan benar kalender sepak bola mereka,"

"Asosiasi-asosiasi yang mengikuti kalender dua tahun diizinkan untuk memulai" pertama periode pendaftaran ā€¯untuk musim 2020/21 sebelum selesainya musim 2019/20, tergantung pada kondisi tertentu."

3 dari 3 halaman

Strategi Berubah

Pengumuman FIFA ini dikabarkan akan memnbuat perubahan dalam strategi transfer untuk Manchester United (MU) dan Manchester City.

Bagi pemain seperti pemain baru Chelsea, Hakim Ziyech dan pemain lain yang telah menyelesaikan transfer ke klub Inggris untuk musim depan, perubahan aturan ini tidak berarti mereka dapat bermain di pertandingan terakhir musim ini.

Lanjutkan Membaca ↓