Sukses

Perubahan Aturan FIFA Berdampak pada Strategi Transfer MU dan City

Perubahan aturan FIFA memungkinkan Asosiasi Sepakbola membuka jendela transfer musim panas sebelum musim 2019/20 selesai.

Liputan6.com, Manchester - Liga Inggris rencananya akan kembali bergulir pada 17 Juni 2020, setelah terhenti akibat virus corona covid-19. Semua pertandingan di liga ini telah ditangguhkan sejak 13 Maret 2020 lalu.

Namun, jadwal penyelesaian Liga Inggris musim ini belum ditetapkan apakah sampai akhir Juli atau awal Agustus.

Meski begitu, FIFA sudah mengumumkan dua perubahan peraturan penting pada Kamis sore (11/6/2020). Yang pertama memungkinkan pemain sekarang bermain untuk tiga klub berbeda di musim yang sama.

Aturan kedua akan memungkinkan setiap klub yang mengoperasikan musim mereka dalam dua tahun, termasuk di Liga Inggris, untuk membuka jendela transfer sebelum akhir musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan FIFA

"Untuk menghindari kekhawatiran tentang pemain yang menganggur, pemain diizinkan untuk terdaftar dengan maksimum tiga klub dan berhak bermain dalam pertandingan resmi untuk tiga klub selama musim yang sama." Demkian pernyataan lengkap FIFA.

"Untuk memberikan prioritas kepada klub untuk menyelesaikan musim (2019/20) mereka dengan skuat asli mereka, memberikan fleksibilitas, dan memungkinkan MA untuk merencanakan dengan benar kalender sepak bola mereka,"

"Asosiasi-asosiasi yang mengikuti kalender dua tahun diizinkan untuk memulai" pertama periode pendaftaran ”untuk musim 2020/21 sebelum selesainya musim 2019/20, tergantung pada kondisi tertentu."

3 dari 3 halaman

Strategi Berubah

Pengumuman FIFA ini dikabarkan akan memnbuat perubahan dalam strategi transfer untuk Manchester United (MU) dan Manchester City.

Bagi pemain seperti pemain baru Chelsea, Hakim Ziyech dan pemain lain yang telah menyelesaikan transfer ke klub Inggris untuk musim depan, perubahan aturan ini tidak berarti mereka dapat bermain di pertandingan terakhir musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.