5 Pemain Berkualitas yang Dibeli Murah Meriah oleh Dortmund

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 12 Jun 2020, 11:20 WIB
Diperbarui 12 Jun 2020, 11:20 WIB
Kolase - 5 Pemain Borussia Dortmund
Perbesar
Kolase - 5 Pemain Borussia Dortmund (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta- Borussia Dortmund sangat piawai dalam mengorbitkan pemain biasa menjadi berkualitas. Dortmund memperoleh keuntungan besar dari kemampuan mengorbitkan pemain ini.

Borussia Dortmund biasanya mendatangkan pemain muda dengan harga murah. Kemudian, klub yang bermarkas di Signal Iduna Park itu menempa pemain tersebut menjadi berkualitas.

Hebatnya, meskipun membayar murah namun pemain yang diboyong bukan murahan. Pada kenyataannya, pemain tersebut mampu menjadi mesin uang Dortmund di kemudian hari.

Siklus tersebut sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan Dortmund. Mereka kerap mendatangkan pemain murah, menempa menjadi pemain berkualitas, dan menjualnya dengan harga mahal.

Fenomena itu sudah dibuktikan dalam beberapa tahun terakhir. Pemain yang didatangkan Dortmund dengan biaya murah langsung berhasil memberikan peran penting di klub, bahkan membantu dalam meraih gelar.

Lantas, siapa saja pemain hebat yang didatangkan Borussia Dortmund dengan biaya murah?

2 dari 6 halaman

1. Shinji Kagawa

Pemain Asia
Perbesar
Shinji Kagawa - Pemain asal Jepang itu menjelma menjadi pemain bintang saat berseragam Borussia Dortmund. Kagawa berhasil membawa Dortmund meraih gelar Bundesliga dua kali beruntun yaitu pada musim 2010-2011 dan 2011-2012. (AFP/Patrik Stollarz)

Borussia Dortmund hanya mengeluarkan biaya 300 ribu pounds atau setara Rp5,3 miliar ketika mendatangkan Shinji Kagawa dari Cerezo Osaka. Pemain asal Jepang ketika itu diangkut pada 2010 saat berusia 21 tahun.

Kagawa langsung memegang peranan penting di lini tengah Dortmund. Pelatih Jurgen Klopp memplot Kagawa sebagai motor serangan Dortmund.

Selama dua musim, Kagawa berhasil mencatatkan 49 penampilan dan mencetak 21 gol. Kagawa kemudian dijual ke Manchester United pada 2012 dengan harga 12 juta poundsterling (Rp214 miliar).

Pada 2014, Kagawa kembali ke Dortmund. Sampai 2015, Kagawa berhasil mencatatkan 99 penampilan dan menyumbang 20 gol.

Kagawa secara keseluruhan berhasil mempersembahkan dua gelar Bundesliga dan dua gelar piala domestik. Pada 2019, Kagawa meninggalkan Dortmund dan saat ini membela Real Zaragoza.

3 dari 6 halaman

2. Ilkay Gundogan

10 Pemain Yang Menjadi Incaran Kllub-Klub Eropa di Bursa Transfer
Perbesar
Pemain Borusia Dortmund, Ilkay Gundogan rumornya menjadi incaran pelatih Liverpool Jurgen Klopp tetapi beberapa klub Eropa juga meliriknya seperti Manchester City, Juventus, PSG, Liverpool, harganya berkisar €35 juta (euro). (EPA/Patrick Seeger)

Ilkay Gundogan bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2011. Ketika itu, Dortmund hanya membayar 4 juta poundsterling atau setara Rp71 miliar ke Nurnberg.

Bersama Dortmund, Gundogan menjelma menjadi gelandang tangguh dan kreatif di lini tengah. Kehadiran pemain asal Jerman itu menjadi motor serangan Dortmund.

Secara keseluruhan, Gundogan mencatat 157 pertandingan, 15 gol dan 20 assist. Gundogan juga berperan dalam membantu Dortmund meraih satu gelar Bundesliga dan dua trofi piala domestik.

Pada 2016, Gundogan bergabung dengan Manchester City seharga 20 juta poundsterling (Rp356 miliar). Jumlah tersebut berkali-kali lipat dari yang dikeluarkan Dortmund ketika merekrutnya.

4 dari 6 halaman

3. Robert Lewandowski

Dortmund
Perbesar
Robert Lewandowski - Didatangkan pada musim 2010/2011 dengan harga 3,3 juta poundsterling, striker asal Polandia itu menjelma menjadi mesin pencetak gol. Bersama Dortmund dirinya mencetak 103 gol dari 187 pertandingan. (AFP/John Macdougall)

Borussia Dortmund mendatangkan Robert Lewandowski dari Lech Poznan pada 2010. Ketika itu, pemain asal Polandia didatangkan dengan biaya 4 juta poundsterling (Rp71 miliar).

Meskipun murah, Dortmund tak rugi membeli Lewandowski. Pemain tersebut tampil tajam di lini depan Dortmund.

Lewandowski tercatat tampil sebanyak 187 kali dan sukses menyumbang 103 gol serta 42 assist. Berkat ketajaman Lewandowski, Dortmund berhasil meraih dua gelar Bundesliga dan dua trofi domestik.

Pada 2014, Dortmund melepas Lewandowski ke Bayern Munchen. Ketika itu, Dortmund tak mendapatkan keuntungan apapun karena Lewandowski berada dalam status bebas transfer.

5 dari 6 halaman

4. Pierre-Emerick Aubameyang

Bursa Transfer, Premier League
Perbesar
Pierre-Emerick Aubameyang merapat ke Arsenal dari Borussia Dortmund dengan mahar sebesar 60 juta poundsterling (Rp 1,13 triliun). (AP/Martin Meissner)

Borussia Dortmund mendatangkan Pierre-Emerick Aubameyang dari Saint-Etienne pada 2013. Dortmund membayar 11 juta pounds atau setara Rp196 miliar.

Pierre-Emerick Aubameyang langsung menjelma menjadi penyerang tajam. Pemain asal Gabon itu berhasil membuat lini depan Dortmund menakutkan.

Aubameyang tercatat berhasil mencetak 141 gol dan 36 assist dalam 213 pertandingan yang dimainkan. Aubameyang juga berhasil mempersembahkan tiga gelar domestik untuk Dortmund.

Pada 2018, Dortmund akhirnya melepas Aubameyang ke Arsenal. Ketika itu, Dortmund mendapatkan keuntungan sebesar 63,75 juta euro atau setara Rp1 triliun.

6 dari 6 halaman

5. Ousmane Dembele

Barcelona, Ousmane Dembele, Bursa Transfer
Perbesar
Pemain Dortmund asal Prancis Ousmane Dembele ramai diperbincangkan pada bursa transfer mengingat dirinya menjadi incaran Barcelona. (AFP/John Macdougall)

Ousmane Dembele bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2016. Dortmund membayar sebesar 13 juta pounds (Rp232 miliar) kepada Rennes.

Kehadiran Dembele menghadirkan warna lain di lini depan Dortmund. Namun, kebersamaan Dembele hanya bertahan selama semusim bersama Dortmund.

Pada 2017, Barcelona menebus Dembele dengan mahar 105 juta euro atau setara Rp1,9 triliun. Jumlah yang sulit ditolak Dortmund.

Secara keseluruhan, Dembele bermain dalam 50 pertandingan buat Dortmund. Pemain asal Prancis itu mencetak 10 gol dan 22 assist.

Sumber: Squawka

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap, Published 12/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓