Sukses

3 Peraih Golden Boy yang Kariernya Terpuruk, Salah Satunya Mario Balotelli

Selain Mario Balotelli, sejumlah pemain yang meraih penghargaan Golden Boy juga memiliki karier yang tak terlalu bersinar. Siapa saja mereka?

Jakarta Mario Balotelli pernah merengkuh penghargaan Golden Boy. Meski sempat mendapat label wonderkid, karier Balotelli kini justru semakin terpuruk.

Pemberian trofi Golden Boy dilakukan untuk pertama kalinya pada 2003 lalu dan diinisiasi oleh media kenamaan asal Italia, Tuttosport. Nominasi pemenang penghargaan ini adalah pemain yang masih berusia di bawah 21 tahun.

Mario Balotelli berhasil mendapatkan titel Golden Boy pada 2010. Dia berhasil mengungguli Jack Wilshere yang ketika itu memperkuat Arsenal duduk di peringkat kedua.

Memiliki skill mumpuni dan meraih trofi Golden Boy, Balotelli digadang-gadang bakal menjadi striker terbaik, serta andalan Timnas Italia pada masa depan. Namun, kontroversi yang kerap dibuat membuat karier Super Mario terus merosot.

Teranyar, pemain berusia 29 tahun tersebut membuat manajemen Brescia geram. Pasalnya, Mario Balotelli beberapa kali mangkir dari sesi latihan Brescia.

Dia tidak hadir dalam dua sesi latihan bersama Brescia, yakni pada 26 Mei dan 31 Mei 2020. Padahal, I Biancazzurri tengah mempersiapkan diri untuk menjalani pertandingan Serie A yang sempat terhenti akibat pandemi virus corona.

Akibat tindakan tersebut, Mario Balotelli dikabarkan Gazzetta dello Sport dipecat oleh Brescia. Padahal, dia masih terikat kontrak bersama Brescia hingga 30 Juni 2022.

Brescia juga menolak kehadiran Mario Balotelli di pusat latihan klub di Torbole, Selasa (9/6/2020) pagi waktu setempat. Klub langsung menutup pintu ketika mengetahui mantan pemain Inter Milan itu tiba.

Selain Mario Balotelli, sejumlah pemain yang meraih penghargaan Golden Boy juga memiliki karier yang tak terlalu bersinar. Berikut ini adalah tiga di antaranya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anderson

Karier Anderson di Manchester United dimulai dengan sangat baik. Pada musim debutnya, dia berhasil membantu The Red Devils meraih trofi Premier League dan Liga Champions sekaligus.

Pemain yang direkrut dari FC Porto pada 2007 itu lantas disebut sebagai suksesor legenda MU, Paul Scholes. Sial bagi Anderson, cedera sering menghampiri dirinya selama delapan tahun berseragam Manchester United.

Nasibnya terus memburuk. Pada 2018, dia bergabung dengan Adana Demirspor yang merupakan peserta divisi kasta kedua Liga Turki. Pada musim berikutnya, Anderson memutuskan pensiun saat berusia 31 tahun.

3 dari 4 halaman

Alexandre Pato

Pato tampil dengan sangat gemilang bersama AC Milan saat baru direkrut dari klub Brasil, Internacional, pada 2007 lalu. Namun, cedera dan mungkin kutukan nomor 9 membuat kariernya menjadi terpuruk.

Setelah mengalami serangkaian keterpurukan bersama Milan, Pato memutuskan pulang ke Brasil dan memperkuat Corinthians pada 2013. Namun, kariernya tidak berjalan manis di sana.

Pato juga sempat mencoba peruntungannya kembali di Eropa saat bergabung dengan Chelsea dan Villarreal. Akan tetapi, nasibnya tak kunjung berubah. Kini, dia sedang memperkuat Sao Paolo dan baru mencetak lima gol dari 21 penampilan.

4 dari 4 halaman

Renato Sanches

Wajar jika Renato Sanches dinobatkan sebagai peraih trofi Golden Boy pada 2016 lalu. Pasalnya, Renato turut membawa Timnas Portugal menjadi juara Piala Eropa pada tahun yang sama.

Setelah berhasil membawa Portugal juara, pemain berusia 22 tahun pindah ke Bayern Munchen dengan nilai transfer mencapai 80 juta euro. Akan tetapi, dia gagal memenuhi ekspektasi publik yang sudah terlanjur tinggi.

Renato Sanches sempat memperkuat Swansea City pada musim 2017-2018 dengan status pinjaman. Dia baru mendapatkan performa terbaiknya kembali saat memperkuat klub Ligue 1, Lille.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 11/6/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini