3 Alasan Arsenal Wajib Pertahankan Jasa David Luiz

Oleh Ario Yosia pada 10 Jun 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 10 Jun 2020, 09:00 WIB
Bungkam Arsenal 3-1, Liverpool Kukuh di Puncak Klasemen
Perbesar
Ekspresi pemain Arsenal David Luiz setelah pemain Liverpool Mohamed Salah mencetak gol kedua ke gawang timnya saat bertanding dalam Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (24/8/2019). Liverpool menang 3-1 dan kukuh di puncak klasemen sementara. (AP Photo/ Rui Vieira)

Jakarta - Karier David Luiz bersama Arsenal diliputi tanda tanya. Rumor beredar sang pemain bakal hengkang di akhir musim ini.

Luiz baru bergabung dengan Arsenal pada awal 2019/2020. Sang pemain melanjutkan kariernya di Emirates Stadium setelah bermain untuk Chelsea.

Kontrak pemain berusia 33 tahun itu bersama The Gunners tersisa sampai akhir musim ini. Namun, belum ada penjelasan soal masa depan mantan bek PSG tersebut.

Sejauh ini belum ada pembicaraan kontrak baru dengan pihak klub. Namun, ada laporan yang mengklaim kalau Mikel Arteta ingin mempertahankan pemain internasional Brasil itu.

Sejak Arteta bergabung dengan klub di tengah musim, The Gunners telah menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hal bertahan. Luiz menjadi bintang utama di jantung pertahanan.

Berikut ini tiga alasan mengapa Arsenal harus pertahankan Luiz seperti dilansir Mykhel:

2 dari 4 halaman

Rapor Masih Lebih Baik dibanding Bek Lain

David Luiz - Arsenal
Perbesar
David Luiz salah satu andalan lini belakang Arsenal. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

Luiz sering dianggap sebagai bek yang kurang bagus dan rentan terhadap kesalahan. Namun, tidak dipungkiri bahwa ia telah menjadi salah satu bek tengah yang paling dihormati pada generasinya.

Di bawah Arteta, Luiz telah menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tentu saja satu tingkat di atas pemain bertahan Arsenal lainnya dalam hal kualitas.

3 dari 4 halaman

Pemain dengan Jam Terbang Tinggi

Chelsea vs Arsenal
Perbesar
Striker Chelsea, Tammy Abraham berebut bola dengan bek Arsenal, David Luiz pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, Selasa (21/1/2020). Chelsea gagal memetik hasil maksimal usai ditahan Arsenal dengan skor 2-2. (AP Photo/Matt Dunham)

Setiap tim membutuhkan pemain berpengalaman di ruang ganti mereka untuk meraih kesuksesan. Luiz sangat cocok dengan kriteria tersebut.

Luiz memiliki karier yang sarat dengan trofi dan juga merupakan pemimpin sejati, sesuatu yang kurang dimiliki Arsenal sejak lama. Dan pemain berusia 33 tahun itu tampaknya memiliki ikatan yang cukup baik dengan manajer Arteta.

4 dari 4 halaman

Multifungsi

Arsenal
Perbesar
Reaksi bek Arsenal David Luiz setelah wasit meniupkan peluit tanda berhenti pada pekan kelima Liga Inggris 2019-2020 melawan Watford di Vicarage Road, Minggu (15/9/2019). Sempat unggul dua gol, Arsenal harus rela imbang 2-2 saat berjumpa tim tuan rumah Watford. (Ben STANSALL / AFP)

Saat Chelsea dipimpin Rafael Benitez, Luiz pernah dimainkan sebagai gelandang bertahan. Pemain asal Brasil itu terbukti cukup sukses memainkan peran tersebut.

Sama seperti pertahanan Arsenal, kedalaman lini tengah mereka juga masih kurang. Luiz harus dipertahankan dan bisa dimainkan di lini tengah jika diperlukan.

 

Sumber asli: Mykhel

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 4/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓