Sukses

Selandia Baru Sukses Jaga Angka Kasus COVID-19 di Angka 0, Ini 5 Jurus Kuncinya

Senin, 8 Juni 2020, untuk pertama kalinya sejak 28 Februari, Selandia Baru tidak memiliki kasus aktif Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta- Senin, 8 Juni 2020, untuk pertama kalinya sejak 28 Februari, Selandia Baru tidak memiliki kasus aktif Virus Corona COVID-19.

Negeri Kiwi tercatat 17 hari nol kasus Corona COVID-19 hingga Senin 8 Juni. Yang terakhir dilaporkan pada akhir Mei.

Selandia Baru memiliki total 1.154 kasus yang dikonfirmasi (gabungan total dari kasus yang dikonfirmasi dan yang teduga adalah 1.504), dan 22 orang telah meninggal di negara tersebut.

Selandia Baru telah menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan untuk memperluas kapasitasnya dalam upaya menghilangkan Virus Corona COVID-19. Bandara, pelabuhan laut, dan fasilitas karantina masih berpotensi menjadi tempat penularan dari luar negeri, terutama karena tekanan untuk meningkatkan jumlah kedatangan.

Saat ini, Selandia Baru masih tetap harus berjaga-jaga terhadap adanya pandemi, terutama dalam periode pasca-eliminasi yang membutuhkan "proaktif maksimum".

Mengutip The Guardian, Selasa (9/6/2020), berikut adalah lima pendekatan yang diterapkan pemerintah Selandia Baru untuk menjaga angka kasus covid-19 tetap berada di angka 0:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Wajibkan Penggunaan Masker

Dengan berakhirnya jarak fisik, pemerintah harus secara serius mempertimbangkan mewajibkan penggunaan masker.

Organisasi Kesehatan Dunia juga telah memperbarui pedomannya untuk merekomendasikan bahwa setiap orang diwajibkan memakai masker wajah kain di tempat umum, di mana ada risiko penularan. 

Membangun budaya untuk terbiasa menggunakan masker wajah dalam pengaturan khusus di Selandia Baru, akan membuatnya lebih mudah untuk memperluas penggunaannya jika diperlukan di masa depan.

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Efektivitas Pelacakan Kontak dengan Sistem Digital

Sistem nasional Selandia Baru untuk melakukan penelusuran kontak tetap menjadi langkah yang penting untuk mengendalikan wabah.

Tetapi ada potensi signifikan untuk menggunakan alat digital baru dalam meningkatkan proses saat ini, meskipun dengan perlindungan privasi yang sesuai.

Agar efektif, solusi digital tersebut harus mendukung penelusuran kontak yang sangat cepat. Selandia Baru pun juga dinilai memiliki kapasitas yang cukup baik untuk melakukan langkah ini. 

4 dari 6 halaman

3. Menerapkan Pendekatan Berbasis Sains untuk Manajemen Perbatasan

Pembukaan perbatasan pasca pandemi membutuhkan pendekatan dengan kehati-hatian. Pembukaan ini mencakup dua proses yang sangat berbeda. Salah satunya adalah perluasan kategori orang yang saat ini diizinkan memasuki Selandia Baru di luar penduduk, keluarga mereka dan sekelompok kecil lainnya. Ini biasanya membutuhkan kewajiban karantina selama 14 hari, sampai metode yang lebih baik dikembangkan.

Potensi ekspansi lainnya adalah masuk wilayah bebas karantina, yang akan paling aman dari negara-negara yang memenuhi target eliminasi serupa. Proses ini dapat dimulai dengan negara-negara Kepulauan Pasifik yang bebas dari COVID-19, terutama Samoa dan Tonga.

5 dari 6 halaman

4. Membentuk Badan Kesehatan Publik Nasional  

PM Selandia Baru Jacinda Ardern (AP Photo/Nick Perry)Tinjauan ini akan menginformasikan peningkatan kapasitas kesehatan masyarakat Selandia Baru yang diperlukan untuk mengelola respons pandemi yang sedang berlangsung dan untuk mempersiapkan negara menghadapi ancaman kesehatan serius lainnya.

Peningkatan utama akan menjadi badan kesehatan publik nasional yang berdedikasi untuk memimpin pengendalian dan pencegahan penyakit. Badan semacam itu dapat membantu menghindari perlunya kuncian dengan deteksi dini dan tindakan dalam menanggapi ancaman penyakit menular yang muncul, seperti yang dicapai oleh Taiwan selama pandemi saat ini.

6 dari 6 halaman

5. Berkomitmen pada Perubahan Transformasional untuk Menghindari Ancaman Global Utama

COVID-19 memiliki dampak buruk terhadap kesehatan dan sosial secara global.

Bahkan jika pandemi tersebut dikendalikan dengan vaksin atau antivirus, ancaman kesehatan utama lainnya tetap ada, termasuk perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati dan ancaman eksistensial (misalnya, pandemi yang muncul dari perkembangan dalam biologi sintetik).

Pemulihan dari penguncian memberikan peluang bagi transformasi ekonomi berkelanjutan yang mengarah pada tujuan kesehatan, lingkungan, dan sosial yang lebih luas.

(Benedikta Miranti Tri Verdiana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.