Stadion Ber-AC untuk Piala Dunia 2022 Berpotensi Gelar Lanjutan LCA Musim Ini

Oleh Marco Tampubolon pada 09 Jun 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 09 Jun 2020, 16:30 WIB
Keren, Stadion Ini Dilengkapi Sistem Pendingin Udara
Perbesar
Pekerja mengurus lapangan Stadion Al Janoub di Doha, Qatar, Senin (16/12/2019). Stadion Al Janoub dirancang oleh Zaha Hadid. (AP Photo/Hassan Ammar)

Liputan6.com, Jakarta Konfederasi sepak bola Asia (AFC) berupaya untuk menuntaskan sisa pertandingan Liga Champions Asia (LCA) musim ini yang kini terbengkalai akibat pandemi virus Corona Covid-19. Salah satu opsi yang tengah dijajaki oleh AFC adalah menggelar sisa pertandingan di stadion Piala Dunia Qatar 2022.

AFC sedang berpacu dengan waktu dalam menyelesaikan turnamen antarklub se-Asia tersebut. Pasalnya otoritas sepak bola tertinggi di Asia itu harus harus merampungkannya guna menentukan wakilnya pada Piala Dunia Antarklub yang akan berlangsung di Qatar pada Desember 2020.

Anggota-anggota AFC diundang dalam dua rapat virtual guna membahas opsi terbaik menuntaskan Liga Champions Asia 2020. Qatar, Irak, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Uzbekistan wakil degelasi Australia, Cina, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan Thailand ikut ambil bagian di dalamnya. 

Seperti dilansir dari AS, mengingat kondisi pandemi virus Corona Covid-19 yang berbeda-beda di setiap negara, salah satu langkah terbaik untuk menuntaskan LCA adalah dengan menggelarnya di Qatar yang saat ini telah memiliki sejumlah stadion ber-AC untuk Piala Dunia Qatar 2022 mendatang. 

Pembahasan masih terus dilakukan. Keputusan defenitif rencananya baru diumumkan AFC dalam waktu beberapa hari ke depan setelah mendapat persetujuan dari federasi-federasi sepak bola yang terlibat. 

Koordinasi yang lebih matang dengan federasi sepak bola Qatar dan klub peserta juga masih dilakukan. Langkah ini untuk menetapkan prosedur dan pemilihan stadion di mana pertandingan akan dilangsungkan dengan protokol yang ketat demi mencegah penyebaran kasus Covid-19. 

 

2 dari 3 halaman

Dua Stadion Siap Digunakan

Keren, Stadion Ini Dilengkapi Sistem Pendingin Udara
Perbesar
Pemandangan bagian dalam Stadion Al Janoub di Doha, Qatar, Senin (16/12/2019). Stadion Al Janoub berkapasitas 40.000 penonton. (AP Photo/Hassan Ammar)

Setidaknya ada dua stadion yang sejauh ini dianggap cukup potensial memenuhi kriteria dalam menggelar sisa laga LCA. Pertama adalah Al-Khalifa International dan kedua, stadion Al-Janoub. Kedua stadion ini tidak hanya megah, tapi juga memiliki fasilitas pendingin yang mampu menciptakan suhu bermain yang memadai bagi pemain dan pejabat di tengah panasnya cuaca di Qatar. 

Bergantung pada hasil keputusan AFC, federasi sepakbola Qatar dan panitia lokal Piala Dunia 2022 (SC) juga perlu merampungkan sejumlah stadion lain untuk menyelengarakan hajatan ini. 

Selain Al-Khalifa International dan stadion Al-Janoub, masih ada enam stadion lainnya yang disiapkan untuk Piala Dunia 2022, yakni Education City Stadium, Al Rayyan Stadium, Al Thumama Stadium, Ras Abu Aboud Stadium, Al Bayt Stadium, dan Lusail Iconic Stadium. 

3 dari 3 halaman

Pekerja Terjangkit Covid-19

Sementara itu, sejumlah pekerja stadion Piala Dunia 2022 telah terinfeksi virus Corona model terbaru. Beberapa waktu lalu, pihak panitia lokal Piala Dunia Qatar 2020 (SC) mengumumkan telah menemukan lima pekerja yang positif Covid-19. Mereka berasal dari dua lokasi berbeda, yakni tiga orang merupakan pekerja di Al-Rayyan Stadium dan dua lagi bekerja pada proyek Al-Bayt Stadium.

(Seperti apa berita lengkapnya, silahkan klik di sini)

Lanjutkan Membaca ↓