5 Pemain Muda Timnas Indonesia Bernilai Termahal, Minus Egy Maulana Vikri

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 08 Jun 2020, 18:10 WIB
Diperbarui 08 Jun 2020, 18:10 WIB
Osvaldo Haay, Nadeo Argawinata, Andy Setyo, Asnawi Bahar, Saddil Ramdani
Perbesar
Osvaldo Haay, Nadeo Argawinata, Andy Setyo, Asnawi Bahar, Saddil Ramdani. (Bola.com/Dody Iryawan)

Jakarta - Perkembangan pemain muda di Timnas Indonesia terbilang cepat. Bahkan, pemain berusia di bawah 23 tahun itu kini memiliki harga jual tinggi.

Bicara bakat pemain muda, Indonesia memang tak pernah habis. Selalu ada pemain muda bertalenta yang lahir dan terbit sebagai aset Timnas Indonesia.

Harga jual pemain muda Timnas Indonesia yang dicantumkan mengikuti pada situasi saat ini. Indikatornya biasanya mengikuti perkembangan sang pemain dan kontribusi yang dimiliki bersama klub dan timnas.

Harga jual atau nilai pasar yang tertera merupakan pada situasi riil saat ini. Harga ini memang bisa sesuai, lebih murah, atau terlampau terlalu mahal dari yang pernah dibayarkan klub mereka.

Meski demikian, data yang diajukan transfermarkt biasanya tak jauh berbeda dengan harga jual yang dimiliki sang pemain. Data ini kerap dijadikan acuan klub-klub ketika ingin mendatangkan pemain yang diinginkan.

Uniknya, tak ada nama Egy Maulana Vikri yang saat ini bermain di Eropa bersama klub Polandia, Lechia Gdansk. Ini menjadi bukti bermain di Eropa tak melulu jadi jaminan bakal meningkatkan nilai jual sang pemain.

Berikut lima pemain muda Timnas Indonesia dengan bernilai pasar termahal versi Transfermarkt. Nilai yang tercantum mengikuti kurs 1 Euro setara dengan 15.821 rupiah.

2 dari 6 halaman

1. Asnawi Bahar

Asnawi Mangkualam, Timnas Indonesia U-22, SEA Games 2019
Perbesar
Bek kanan Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam Bahar, saat berduel dengan pemain Myanmar dalam laga semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12/2019). Timnas Indonesia U-22 menang 4-2 dalam laga ini. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Asnawi Bahar merupakan pemain belakang yang menjadi aset Timnas Indonesia. Bek PSM Makassar itu memiliki nilai jual mencapai 200 ribu poundsterling atau setara Rp3,1 miliar.

Asnawi Bahar telah tampil sebanyak 18 kali untuk Timnas Indonesia U-22. Meskipun baru berusia 20 tahun, Asnawi dipercaya tampil di tim utama PSM Makassar.

Asnawi juga sudah mencatatkan 1 penampilan di Timnas Indonesia senior. Pemain yang berperan sebagai bek kanan itu bisa menjadi pilihan lain buat pelatih Shin Tae-yong.

3 dari 6 halaman

2. Saddil Ramdani

Indonesia Vs Thailand
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, mengontrol bola saat melawan Thailand pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Kedua negara bermain imbang 2-2. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Saddil Ramdani dikenal sebagai pemain muda yang berhasil menembus berbagai level Timnas Indonesia. Pada usia 22 tahun, Saddil merupakan andalan di Timnas Indonesia U-22 dan senior.

Saddil memiliki harga jual 200 ribu poundsterling atau setara Rp3,1 miliar. Jumlah tersebut cukup wajar mengingat Saddil punya banyak pengalaman di level klub.

Saddil pernah bermain di Malaysia bersama Pahang FA pada 2019. Saat ini, Saddil membela Bhayangkara FC dan andalan di lini sayap.

4 dari 6 halaman

3. Andy Setyo

Latihan Timnas Indonesia U-22
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia U-22, Andy Setyo, saat latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Jumat (22/11). Latihan ini persiapan jelang laga SEA Games 2019. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Andy Setyo menjadi pemain muda ketiga paling mahal di Timnas Indonesia U-22. Pemain yang berperan sebagai bek itu memiliki harga jual mencapai 225 ribu euro atau setara Rp3,5 miliar.

Andy Setyo merupakan bek tangguh yang dimiliki Timnas Indonesia. Di level kelompok umur, Andy Setyo dipercaya menjadi kapten.

Andy Setyo saat ini menjadi pemain utama di lini belakang Tira Persikabo. Pemain berusia 22 tahun itu sudah mencatatkan 16 penampilan di Timnas Indonesia U-22 dan sekali tampil untuk Timnas senior.

5 dari 6 halaman

4. Nadeo Argawinata

Timnas Indonesia U-22 Vs Singapura U-22
Perbesar
Kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata, memberikan instruksi saat melawan Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nadeo Argawinata memiliki harga jual 250 ribu euro atau setara Rp3,9 miliar. Jumlah tersebut membuat Nadeo menjadi kiper muda paling mahal atau pemain muda kedua dengan nilai jual tinggi.

Nadeo merupakan aset kiper yang dimiliki Timnas Indonesia. Sejauh ini, Nadeo sudah mencatatkan lima penampilan di Timnas Indonesia U-22.

Pada usia 23 tahun, Nadeo sudah dipercaya untuk memperkuat tim Bali United. Nadeo punya peluang promosi ke Timnas Indonesia senior di bawah asuhan Shin Tae-yong.

6 dari 6 halaman

5. Osvaldo Haay

Timnas Indonesia U-22 Vs Laos U-22
Perbesar
Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Laos U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion City of Imus Grandstand, Manila, Kamis (5/12). Indonesia menang 4-0 atas Laos. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Osvaldo Haay menjadi pemain muda termahal di Timnas Indonesia. Pemain berusia 22 tahun itu memiliki harga jual mencapai 300 ribu euro atau setara Rp4,7 miliar.

Jumlah itu tercatat pada pembaharuan nilai transfer Osvaldo ketika Desember 2019. Harga mahal yang dimiliki Osvaldo cukup wajar mengingat dirinya merupakan pemain menjanjikan di Indonesia.

Osvaldo Haay saat ini berseragam Persija Jakarta. Pemain asal Papua itu memiliki 26 penampilan bersama Timnas Indonesia U-22 dan lima kali bermain untuk Timnas senior setelah debut pada 2017.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Yus Mei Sawitri, Published 8/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓