5 Cara Mudah Mencegah Keriput pada Kulit Wajah

Oleh Gayuh Tri Pinjungwati pada 07 Jun 2020, 18:10 WIB
Diperbarui 07 Jun 2020, 18:10 WIB
Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Jakarta - Keriput yang dikenal sebagai rhytudes adalah lipatan di kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit menghasilkan lebih sedikit protein kolagen dan elastin.

Ini membuat kulit lebih tipis dan kurang tahan terhadap kerusakan. Paparan polusi pada lingkungan dan dehidrasi dapat membuat wajah lebih mungkin lebih mudah dan cepat keriput.

Kerutan adalah bagian alami dari bertambahnya usia dan tak ada alasan untuk takut mendapatkanya. Tetapi jika Anda ingin memperlambat tanda-tanda penuaan dini pada wajah, beberapa cara di bawah ini mungkin dapat membantu.

Kenakan Tabir Surya

Kebanyakan orang tahu memakai tabir surya menjadi sebuah faktor perlindungan matahari (SPF) lebih dari 30 dapat membantu mencegah kanker kulit. Sebuah studi menemukan bahwa tabir surya juga membantu menunda tanda-tanda penuaan dini.

Meski mungkin sudah memakai tabir surya untuk di pantai, mengenakan tabir surya pelembab wajah setiap hari adalah kebiasaan akan bermanfaat bagi kesehatan kulit untuk jangka panjang.

Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah emolien alami. Itu berarti ketika Anda menerapkannya pada kulit, ia mengisi celah di epidermis dan membuat kulit terasa halus. Menggunakan minyak kelapa tak hanya membuat kulit lebih halus, tetapi juga membuat wajah terlihat lebih sehat. Minyak kelapa juga terbukti sebagai pengobatan yang efektif untuk kulit kering.

2 dari 2 halaman

Perbanyak Beta Karoten

Sayuran yang Paling Sehat
Perbesar
Wortel / Sumber: iStockphoto

Beta karoten dan retinol (vitamin A) sering menjadi bahan dalam krim anti kerut pada kosmetik yang sering dijual di pasaran. Tetapi, Anda tidak perlu membeli produk untuk mendapatkan beta karoten, cukup mengonsumsi sayuran atau buah yang mengandung beta karoten serta suplemen beta karoten maka akan menemukan manfaatnya.

Ganti Posisi Tidur

Beberaoa kerutan wajah sebenaranya dapat disebabkan oleh posisi tidur. Ini disebut komprosi dan itu disebabkan oleh wajah yang menekan bantal, membuat kulit lebih lemah di beberapa tempat daripada yang lain dan membentuk kerutan. Dirimu dapat mencegah atau memperlambat kerutan dengan tidur terlentang.

Rutin Mencuci Muka

Mengambil waktu 3-5 menit untuk mencuci muka di malam hari akan memberikan manfaat untuk dirimu. Ketika meninggalkan make up pada wajah semalaman, kulit akan menyerap sebagian besar darinya. Karena sebagian besar kosmetik mengandung bahan kimia yang keras, ini berkontribusi terhadap stres oksidatif yang dihadapkan kulitmu.

Seiring berjalannya waktu, kulit tentunya mengalami keriput, tetap tidak ada salahnya kita memperpanjang usia kulit kita dengan melakukan perawatan yang dapat menghindari penuaan dini. Ubahlah gaya hidup yang sehat untuk mendapatkan semua kebaikannya.

Disadur dari Fimela.com (Penulis / Editor Gayuh Tri Pinjungwati, Published 7/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓