Sukses

6 Pesepak Bola Indonesia yang Banting Setir Jadi Artis, Peternak Lele, hingga Sopir Online

Nasib tak ada yang tahu. Beberapa pesepak bola Indonesia ada yang meniti karier jauh dari rumput hijau.

Jakarta - Menjadi pesepak bola profesional bisa memberikan manfaat dalam hal keuangan. Gaji besar yang didapat atlet si kulit bundar terbilang besar untuk ukuran Indonesia. Tapi, beberapa aktor lapangan hijau Tanah Air memutuskan untuk banting setir, mulai dari artis hingga petugas keamanan.

Sepak bola memang menjadi lahan yang potensial untuk menambah pundi-pundi harta. Kontrak bernilai puluhan juta, ratusan, bahkan miliaran rupiah tentunya sangat menggiurkan.

Tidak heran banyak orang yang bercita-cita menjadi pesepak bola terlepas awalnya merupakan hobi semata. Namun demikian, jalan panjang mesti dilewati untuk menjadi seorang profesional.

Modal bakat saja belum tentu menentukan masa depannya di ranah sepak bola. Kerja keras tanpa disertai bakat dan potensi terpendam juga tak lantas bisa membuat seseorang bisa menjadi pesepak bola profesional.

Tidak sedikit pesepak bola memutuskan untuk banting setir menekuni karier lain yang jauh dari profesi awalnya. Berikut 6 pesepak bola Indonesia yang menjadi artis, supir, satpam, hingga peternak lele.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Iko Uwais - Aktor Film

Mungkin tak ada yang menyangka Iko Uwais dulunya adalah seorang pesepak bola. Pemain film The Raid itu tercatat pernah membela klub divisi dua Indonesia, Persijatim Solo FC.

Bukan hanya itu, Iko Uwais juga pernah ikut Sekolah Sepak Bola (SSB) Bina Taruna sejak usia 13 tahun.

3 dari 7 halaman

Rifky Alhabsy - Artis Sinetron

Bintang sinetron Tanah Air, M Rifky Alhabsy, merupakan mantan pesepak bola yang bantir setir ke dunia artis. Rifky pernah merumput bersama Persiba Balikpapan, Sriwijaya FC, Persikabo Bogor, dan PSIM Yogyakarta.

4 dari 7 halaman

Syamsir Alam - Artis/Entertainer

Pesepak bola ganteng asal Kabupaten Agam ini sudah malang melintang di dunia pertelevisian Indonesia. Padahal, kiprah Syamsir Alam di sepak bola tak buruk-buruk amat.

Mantan penyerang Timnas Indonesia U-23 itu pernah menjadi bintang untuk Timnas Indonesia U-15, kemudian sempat juga merumput bersama DC United, Sriwijaya FC, Penarol, Pelita Bandung Raya, dan sebagainya.

5 dari 7 halaman

Wahyu Wijiastanto - Peternak Lele

Wahyu Wijiastanto merupakan mantan pemain sepak bola yang pernah menjabat ban kapten Timnas Indonesia. Berposisi sebagai bek, ia memutuskan untuk gantung sepatu dan menekuni kesibukan baru sebagai peternak lele.

Dalam suatu kesempatan, Wahyu Wijiastanto menuturkan bisa mengantungi sedikitnya Rp10 juta tiap dua pekan sekali!

6 dari 7 halaman

Anang Maruf - Sopir Online

Pencinta Persebaya Surabaya pasti tak akan pernah bisa melupakan Anang Ma'ruf, sosok pesepak bola lincah yang memberikan banyak kenangan buat tim berjulukan Bajul Ijo.

Usut punya usut, ternyata Anang Ma'ruf menjalani rutinitasnya sebagai driver salah satu perusahaan ojek online ini karena enggan bekerja kantoran. Ia mengaku pada saat bersamaan juga sedang mengurusi sekolah sepak bola.

7 dari 7 halaman

Alexander Pulalo - Sopir

Satu lagi pemain yang dikenal akan kecepatannya yakni Alexander Pulalo. Eks pemain Timnas Indonesia dan Arema Malang ini diketahui menjadi sopir di salah satu perusahaan broadcasting ternama Indonesia.

Nasib kurang beruntung diterima pemain asal Papua tersebut. Usai pensiun, Alexander Pulalo mengalami kesulitan ekonomi hingga pekerjaan sebagai sopir pun dijalani.

Penulis sendiri beberapa kali pernah bermain futsal bersama Alexander Pulalo di tengah kesibukannya sebagai sopir pengantar untuk karyawan perusahaan televisi swasta tersebut.

Kabar terakhir menyebutkan kalau Alexander Pulalo kini sibuk melatih di sebuah sekolah sepak bola di daerah Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Gregah Nurikhsani, Published 7/6/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini