Sukses

PSSI Dapat Garansi Jadwal Piala Dunia U-20 2021 Tidak Berubah

Piala Dunia U-20 2021 dijadwalkan akan bergulir pada 20 Mei - 12 Juni 2020, sesuai dengan proyeksi sebelumnya. Ini sekaligus menepis kekhawatiran jadwal bakal berubah.

Jakarta PSSI memastikan jadwal Piala Dunia U-20 2021 tidak akan mengalami perubahan. Ini merupakan hasil rapat PSSI dengan FIFA yang memberi garansi event tidak akan ditunda meskipun saat ini pandemi virus corona masih mewabah.

Rapat antara PSSI dengan FIFA berlangsung pada 2 dan 5 Juni 2020. Induk sepak bola Indonesia itu menyampaikan laporan terkait perkembangan dan kegiatan bisnis.

FIFA mengutus Christian Schmolzer, Men’s Tournament Manager FIFA dan Head of Youth Tournament FIFA, Roberto Grassi dalam pertemuan secara virtual dengan PSSI.

"Ini merupakan rapat berkala yang rutin kami lakukan untuk menyampaikan berbagai perkembangan persiapan Piala Dunia U-20 2021," imbuh Maaike Ira Puspita, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PSSI, dinukil dari laman PSSI.

Pada rapat tersebut, FIFA meminta PSSI untuk membuat laporan berkala selama 16 bulan sebelum turnamen berlangsung dengan laporan tersebut dikirimkan dalam kurun waktu dua bulan sekali dan makin insentif mendekati pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 pada Mei tahun depan.

"Sejauh ini, jadwalnya tidak berubah. Masih 20 Mei-12 Juni 2021. Kami melaporkan kepada FIFA terkait persiapan berbagai bidang jelang pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021, antara lain bidang manajemen proyek, komunikasi dan hubungan media, keuangan dan administrasi, pemasaran dan sponsor, perjalanan, transportasi dan logistic, keselamatan dan keamanan, pagelaran, kompetisi, wasit, media hak siar dan komunikasi," jelas Maaike Ira.

Ditambahkan Maaike Ira, dalam bekerja, PSSI tetap memperhatikan protokol kesehatan. Laporan disampaikan sesuai tenggat setiap periode yang ditetapkan FIFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

FIFA Merespons Positif

FIFA merespons positif laporan dari PSSI terkait perkembangan Piala Dunia U-20 2021. FIFA berharap agar PSSI segera mengirimkan anggaran kegiatan dalam waktu dekat.

"Kami juga mengirimkan perkembangan dan melaporkan perkembangan situasi terkini di Indonesia kepada FIFA. Dan FIFA menyambut baik tentang laporan kami, selanjutnya mereka akan terus melakukan korespondensi dan rapat bersama PSSI terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021," terang Maaike Ira.

Sebelumnya, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan juga telah menyampaikan perkembangan persiapan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, pada 22 Mei 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.