Sukses

Striker MU Ancam Mogok Jika Dapat Perlakuan Rasis

Striker Manchester United (MU), Odion Ighalo mengancam akan mogok bermain jika mendapat perlakuan rasis.

Liputan6.com, Manchester - Striker Manchester United (MU), Odion Ighalo mengancam akan mogok bermain jika mendapat perlakuan rasis. Itu akan dilakukannya jika wasit tidak menindak tegas pelaku rasisme dalam pertandingan.

"Jika itu terjadi kepada saya dan melaporkannya kepada wasit sembari melihat tindakan selanjutnya. Jika tidak ada, saya akan mogok karena itu (rasisme, red) tidak boleh dilakukan kepada pemain mana pun," ujar Ighalo seperti dilansir Sportskeeda.

Isu rasisme ramai diperbincangkan setelah kasus George Floyd di Amerika Serikat (AS). Floyd merupakan pria kulit hitam yang tewas karena ulah polisi di wilayah Minneapolis.

Tewasnya Floyd mengundang protes tidak hanya di AS. Publik dunia ramai-ramai menggaungkan tagar Black Lives Matter sebagai protes terhadap rasisme.

Beberapa pemain sepak bola pun ikut memprotes tindakan itu. Lewat akun media sosial masing-masing, mereka menyuarakan agar rasisme segera dihentikan.

Ighalo bergabung dengan MU pada bursa transfer Januari dengan status pinjaman dari Shanghai Shenhua. Striker asal Nigeria itu telah mengantongi empat gol dari delapan kali main bagi MU.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alami Perlakuan Rasis

Ighalo mengatakan, ia pernah mendapat perlakuan rasis saat bermain di Tiongkok bersama Shanghai Shenhua. Namun ketika itu, ia memilih tidak bertindak apa pun.

"Dalam satu pertandingan di Tiongkok, saya dipanggil dengan berbagai sebutan dan setelah pertandingan. Saya tidak menyalaminya dan langsung ke ruang ganti. Saya marah dan melapor kepada federasi," kata Ighalo.

"Saya tidak melanjutkan itu. Saya hanya membiarkan orang seprti ini. Saya tidak mau memperpanjang masalah, tetapi rasisme tidak seharusnya ada di negara mana pun," katanya.

3 dari 3 halaman

Semua Manusia Sama

Lebih lanjut, Ighalo meyakini, rasisme bukan suatu hal yang bisa ditolerir. Menurutnya, semua manusia sama.

"Tidak boleh ada yang memaklumi rasisme. Kita semua sama meski warna kulit berbeda-beda. Kita hidup di dunia yang sama," katanya mengakhiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Odion Ighalo adalah pemain sepak bola Profesional asal Nigeria yang sekarang membela Watford
    Odion Ighalo adalah pemain sepak bola Profesional asal Nigeria yang sekarang membela Watford

    Odion Ighalo

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

Video Terkini