Sukses

7 Bukti Superioritas Liverpool di Premier League Musim Ini

Liverpool di ambang juara Premier League 2019-2020. Apa yang mereka pertontonkan musim ini luar biasa.

Liverpool - Saat nanti Premier League 2019-2020 kembali bergulir pada 17 Juni 2020, Superioritas sudah sangat dekat dengan gelar juara. Trofi juara musim ini amat berarti besar bagi Liverpool.

Sebab, sudah 30 tahun lamanya klub yang bermarkas di Stadion Anfield itu tidak menjadi yang terbaik di Liga Inggris. Karena sudah lama tak berpesta itulah, Klopp memastikan Liverpool bakal merayakan parade ketika kondisinya sudah benar-benar aman dari virus corona.

 “Saya berjanji jika kami keluar sebagai juara, kami akan mengadakan parade juara. Kami tak peduli kapan kami akan mengadakan parade. Satu hal yang pasti, kami akan merayakan parade juara ketika orang-orang sudah diizinkan keluar,” kata Klopp mengutip dari The Sun.

Liverpool bakal melakoni laga comeback Liga Inggris pada Sabtu 20 Juni 2020 dengan menghadapi Everton. Gelar juara bahkan bisa dipastikan Liverpool jika menang atas Everton di laga tersebut.

Namun, dengan catatan, Manchester City mengalami kekalahan dari Arsenal atau Burnley dalam dua laga awal comeback mereka. Jika meraih kemenangan atas Everton, dan di laga lain Man City tumbang dari Arsenal atau Burnley, koleksi 85 poin milik Liverpool tak mungkin lagi dikejar tim-tim lain.

Margin besar di klasemen Premier League tersebut juga menunjukkan Liverpool sangat dominan musim ini. Tak ada tim yang benar-benar merecoki Jordan Henderson dan kawan-kawan dalam pacuan juara Premier League. 

Manchester City sempat memberikan gangguan, tapi kemudian kehabisan amunisi di tengah jalan. Adapun klub-klub lain bahkan kesulitan untuk sekadar mendekati. 

Superioritas memang sangat didgaya musim ini, walau sebelum pandemi corona The Reds gagal mempertahankan rekor tak terkalahkan sekaligus tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions usai ditekuk Atletico Madrid.

Apa bukti lain superioritas kedigdayaan Liverpool musim ini? Berikut di antaranya, seperti dilansir dari berbagai sumber. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Rekor Kemenangan Kandang

The Red tercatat memenangi 20 laga kandang beruntun di Premier League.  Catatan itu menyamai rekor Manchester City di Premier League yang sudah bertahan selama 8 tahun. Liverpool juga sangat berpeluang untuk memecahkan rekor tersebut jika menilik konsistensi mereka sepanjang musim ini. 

3 dari 8 halaman

Margin Poin Terbesar dengan Arsenal

Seperti apa menunjukkan keperkasaan Liverpool yang tak terbantahkan? Salah satunya adalah Liverpool tetap memiliki poin yang sama dengan Arsenal seandainya tak turun bermain sejak 2 November 2019. 

Saat ini, Arsenal terseok-seok di peringkat 9 Premier League dan baru mengantongi 40 poin. The Gunners tertinggal 31 poin dari Liverpool. Benar-benar margin yang sangat besar. 

 

 

4 dari 8 halaman

Tendangan Sudut

Kedigdayaan Liverpool bisa dilihat dari jumlah gol Liverpool musim ini. The Reds tercatat melesakkan 60 gol ke gawang lawan. 

Hanya Manchester City yang lebih produktif dibanding The Reds, yaitu mengoleksi 65 gol. 

Namun, Liverpool memiliki catatan istimewa, yaitu kerap mencetak gol yang diawali sepak pojok. Tercatat sudah delapan kali sepanjang musim ini The Reds mencetak gol yang diawali dari tendangan sudut. 

5 dari 8 halaman

Duet Ganas

Kedigdayaan The Reds bisa tergambar juga dari lini belakang yang sangat jarang kebobolan. The Reds baru kemasukan 15 gol pada musim ini. 

Kehebatan Liverpool tersebut tak lepas dari duet di lini belakang, Virgil van Dijk dan Joe Gomes. Saat mereka bermain bersama, The Reds tercatat membukukan 17 kemenenangan, 13 clean sheets, dan hanya kemasukan 6 gol. Mereka tercatat 19 kali tampil bersama pada musim ini di Premier League. 

6 dari 8 halaman

Jumlah Kemenangan

Mau tahu bagaimana menggambarkan superioritas Liverpool pada musim ini? Caranya sangat mudah. 

Jumlah kemenangan Liverpol musim ini hanya berselisih satu jika dibandingkan dengan jumlah kemenangan Manchester United, Tottenham Hotpur, dan Arsenal digabung sekaligus. 

Liverpool tercatat sudah memenangi 24 laga, sedangkan MU 9 kali, Tottenham 10 kali, dan Arsenal 6 kali. 

7 dari 8 halaman

Superioritas Mohamed Salah

Kedigdayaan Liverpool juga tak lepas dari penampilan gemilang salah satu strikernya, Mohamed Salah. Penyerang asal Mesir tersebut bisa menjadi mesin gol yang menakutkan di depan gawang lawan. 

Mohamed Salah tercatat rata-rata mencetak satu gol setiap 84 menit di lapangan. 

8 dari 8 halaman

Sulit Dikalahkan

Liverpool telah membukukan 42 laga beruntun tanpa tersentuh kekalahan di kasta teratas kompetisi sepak bola Inggris. The Reds telah menyamai rekor Nottingham Forest pada musim 1978-1979. 

Sayang, noda kecilnya anak-asuh Jurgen Klopp gagal menyamai rekor tak terkalahkan semusim Arsenal.

 

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari Bola.com (Ario Yosia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini