Sukses

4 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam merupakan salah satu permasalahan pada kulit wajah yang sering terjadi.

Jakarta - Flek hitam merupakan salah satu permasalahan pada kulit wajah yang sering terjadi. Karena mengganggu, keberadaannya pun dikeluhkan banyak perempuan. Jelas saja, dark spot yang ada di wajah akan sangat mengganggu penampilan dan membuat menjadi tidak percaya diri, khususnya mereka yang sangat-sangat memperhatikan penampilan.

Dark spot atau flek hitam merupakan masalah kulit yang umum dialami para perempuan yang mulai menua. Namun, dark spot juga sebenarnya dapat muncul di usia muda, terutama bagi mereka yang kurang menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah.

Dark spot juga bisa muncul dikulit wajah akibat sering terpapar sinar matahari sehingga kulit wajah mengalami peningkatan produksi sel melanosit dan menyebabkan penggelapan pada kulit. Kondisi ini dikenal dengan sebutan hyperpigmentation.

Selain paparan sinar matahari, ada juga penyebab lain yang memunculkan dark spot di wajah yakni, kebiasaan pola hidup yang tidak sehat seperti stres dan kurang mendapatkan asupan vitamin. Maka dari itu, perawatan untuk menjaga wajah agar terhindar dari dark spot harus dilakukan secara luar dan dalam.

Nah, buat kamu yang memiliki permasalahan dark spot atau flek hitam di wajah dan terasa sangat mengganggu hingga ingin menghilangkan bisa coba cara-cara berikut. Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 4 bahan alami yang dapat menghilangkan dark spot di wajah. Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menggunakan Madu Murni

Bahan alami yang dapat menghilangkan dark spot di wajah yakni adalah madu murni. Namun ingat, madunya adalah madu alami atau madu murni yang tidak dicampur dengan bahan apapun sehingga dapat menghilangkan dark spot di wajah dengan mudah.

Caranya mudah saja, pertama kamu harus membersihkan wajahmu dulu menggunakan air hangat, kemudian oleskan madu secara merata keseluruh permukaan wajah. Diamkan selama 15 sampai 20 menit hingga madu mengering, lalu bilas menggunakan air bersih dapat juga menggunakan air dingin untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka karena air hangat pada tahap awal.

Setelah itu, keringkan wajah menggunakan tisu ataupun handuk dengan cara yang lembut. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap harinya dan kamu akan terhindar dari dark spot yang mengganggu penampilan.

3 dari 5 halaman

Menggunakan Madu dan Jeruk Nipis

Kedua, bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan dark spot selanjutnya adalah campuran madu dan jeruk nipis. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis sangat baik untuk menetralisir bakteri pada kulit wajah. Sedangkan madu berkhasiat untuk menjadi pelembab alami. Itulah mengapa perpaduan antara madu dan jeruk nipis bagus untuk perawatan kulit wajah.

Cara menghilangkan dark spot dengan madu dan jeruk nipis juga cukup mudah. Pertama siapkan madu murni serta jeruk nipis, campur 2 sdm madu dan 1sdm air jeruk nipis, lalu aduk sampai merata. Kemudian, oleskan campuran madu dan air jeruk nipis ke wajah secara perlahan dan merata, dengan menggunakan kapas.

Setelh itu, biarkan hingga kering lebih kurang 15 - 20 menit, jika sudah segera bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Untuk hasil yang lebih maksimal lakukan perawatan tersebut secara rutin 3 sampai 4 kali dalam seminggu, dengan begitu dark spot di wajah perlahan akan hilang.

4 dari 5 halaman

Menggunakan Madu dan Gula

Selanjutnya, bahan alami yang dapat menghilangkan dark spot di wajah berikutnya adalah campuran madu dna gula. Campuran antara madu dan gula lebih dikenal dengan sebutan scrub madu. Scrub madu ini dapat memudarkan flek hitam sekaligus mengangkat kulit mati dari wajah sehingga wajah bisa terlihat lebih bersih dan tidak kusam.

Cara membuat scrub madu ini juga cukup mudah, pertama tuangkan 3 sdm madu dalam sebuah wadah bersih, lalu tambahkan 2 sdm gula dan aduk hingga tercampur rata. Aplikasikan pada wajah yang telah di cuci dengan air bersih sebelumnya. Usapkan secara merata dengan memberikan pijatan halus dan lembut pada wajah.

Lakukan perawatan ini minimal dua kali dalam seminggu agar dark spot atau flek hitam dapat cepat memudar dan wajah kita terbebas dari flek hitam yang mengganggu.

5 dari 5 halaman

Menggunakan Madu dan Putih Telur

Terakhir, bahan alami yang dapat menghilangkan dark spot di wajah ialah campuran madu dan putih telur. Kandungan protein yang ada di putih telur bermanfaat bagi kulit dalam membantu meregenerasi sel-sel baru, sehingga campuran antara madu dan putih telur juga dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan flek hitam membandel pada wajah.

Caranya juga cukup mudah, pertama kamu siapkan dulu madu murni dan putih telur. Kemudian campur 2 sdm madu dengan putih telur, aduk hingga tercampur merata. Sebelumnya, bersihkan wajah dengan air hangat. Kemudian, oleskan campuran madu + putih telur ke wajah secara perlahan dan merata, disertai dengan pijatan lembut.

Jika sudah, tunggulah hingga mengering lalu bilas dengan air bersih. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan perawatan menggunakan madu dan putih telur ini sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu agar dark spot lebih cepat hilang.

Disadur dari Fimela.com (Imelda Rahma/Ayu Puji Lestari, Published 05-06-2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini