Sukses

Strategi Menjalani Era New Normal dari Para Ahli

Tapi, di beberapa wilayah, PSBB telah dilonggorkan dan masyrakat setempat menjalakan kehidupan New Normal.

Jakarta - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) digelar untuk mencegah penyerabaran virus corona semakin meluas. Tapi, di beberapa wilayah, PSBB telah dilonggorkan dan masyrakat setempat menjalakan kehidupan New Normal.

Prof. dr. Zoebairi Djoerban selaku Ketua Satgas Covid Ikatan Dokter Indonesia mengatakan PSBB dapat dilonggarkan bila peningkatan jumlah kasus makin berkurang, angka kematian turun drastis beberapa hari berturut-turut, rumah sakit tidak penuh lagi, tes masif sudah dikerjakan dan sambil waspada gelombang kedua.

New Zealand pun menjadi negara yang berhasil melakukan new normal dengan tidak ada kasus dalam 12 hari berturut-turut.

"New normal diberlakukan untuk menjaga ekonomi nasional. Namun harus tetap mengikuti protokol kesehatan agar tidak ada virus corona gelombang 2," ujar Prof. Zoebairi dalam acara temu media secara online.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Strategi new normal

Lalu strategi apa yang harus dilakukan saat new normal? Prof. Zoebairi mengatakan strategi new normal harus melakukan protokol kesehatan seperti jaga jarak, jangan berkerumun, pakai masker bila keluar rumah, sering cuci tangan, etika batuk dan bersin.

"New normal itu kita boleh keluar rumah, boleh bekerja, boleh keluar kota, ke mal, dan ke pasar hingga terakhir boleh sekolah tapi harus benar-benar menerapkan protokol pencegahan virus corona," paparnya.

3 dari 4 halaman

Semua Harus Sepakat

Prof. Zoebairi juga menambahkan semua harus sepakat perlu waktu yang tepat untuk relaksasi PSBB, agar tidak ada ledakan baru jumlah positif virus corona.

"New normal sudah mulai tapi harus hati-hati melihat data, melihat perkembangan angka-angka yang menunjukkan turun-naiknya angka terinfeksi. Jadi penularannya bisa dicegah," paparnya.

 

4 dari 4 halaman

Tetap Waspada

Sudirman Said (Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia) juga menyampaikan tetap wapada ketika New Normal. PMI sendiri telah mengajak masyarakat untuk mencuci tangan, hindari kerumunan, penggunaan masker, hingga melakukan penyemprotan disinfektan seminggu satu sekali di tempat umum.

"PMI sendiri menyemprotkan disinfektan ke tempat umum seperti kendaraan umum, tempat ibadah, hingga sekolah," ujarnya.

#Changemaker

Disadur dari Fimela.com (Anisha Shaktian Putri/Karla Farhana, Published 05-06-2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini