Ada Pandemi Virus Corona Covid-19, Piala AFF 2020 Tetap Digelar Akhir Tahun Ini

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 05 Jun 2020, 10:35 WIB
Diperbarui 05 Jun 2020, 10:35 WIB
Timnas Indonesia Vs Timor Leste
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, menyapa suporter usai mengalahkan Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/Yoppy Renato)

Jakarta - Pandemi virus corona covid-19 yang melanda dunia awalnya menimbulkan keraguan akan bergulirnya Piala AFF 2020. Penyebabnya adalah banyaknya kompetisi di negara-negara ASEAN yang mengalami penundaan jadwal karena dihentikan sementara.

Namun, juru bicara Piala AFF menjamin turnamen edisi 2020 tetap akan sesuai jadwal. Kepastian itu didapat setelah AFF memperpanjang kemitraan dengan sponsor utama turnamen yakni Suzuki dan juga sudah mengumumkan hak penyiaran eksklusif kepada media-media di ASEAN.

"Piala AFF tetap sesuai jadwal yang kami tetapkan. Semua perencanaan kami sudah berlanjut ke arah tersebut," kata seorang juru bicara AFF seperti dikutip The Straits Times, Kamis (4/6/2020).

Meski demikian, penyelenggaraan Piala AFF tetap akan memperlakukan protokol kesehatan yang ketat. Itu dilakukan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh pihak yang terlibat.

"Tentu saja, keselamatan dan kesejahteraan semua pemangku kepentingan, termasuk pemain dan penggemar, tetap menjadi prioritas utama kami. Saat ini, kami sedang berkonsultasi dengan berbagai asosiasi anggota dan lembaga pemerintah terkait langkah apa yang diperlukan untk mendukung keberhasilan turnamen ini," tegasnya.

Dengan demikian, Piala AFF 2020 hampir pasti bergulir pada 23 November - 31 Desember mendatang. Format edisi tahun ini masih sama yakni setiap tim bakal memainkan dua laga kandang dalam babak penyisihan grup.

2 dari 2 halaman

Momentum Timnas Indonesia

Timnas Indonesia
Perbesar
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). Pada sesi latihan kali ini Timnas menjalani tes fisik dengan menggunakan alat Smart Gate. (Bola.com/M Iqbal Ich

Piala AFF 2020 menjadi momentum tepat buat Timnas Indonesia menjadi juara. Maklum, Tim Merah Putih belum pernah meraih gelar meskipun sudah lima kali bermain di final.

Ini akan menjadi tugas berat buat pelatih Shin Tae-yong. Semua masyarakat Indonesia menaruh harapan pada pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong kini berburu dengan waktu untuk mempersiapkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Konsentrasi pelatih 51 tahun itu juga terpecah karena juga mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021.

Sumber: The Straits Times

Disadur dari: Bola.com (penulis Zulfirdaus H, editor Yusmei, published 5/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by