Ronaldo Dinobatkan Jadi Pesepakbola Terkaya Kalahkan Lionel Messi

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 05 Jun 2020, 06:40 WIB
Diperbarui 05 Jun 2020, 06:40 WIB
Lionel Messi
Perbesar
Lionel Messi (kanan) ucapkan selamat kepada Cristiano Ronaldo (Ben STANSALL / AFP)

Liputan6.com, Turin - Cristiano Ronaldo, pemain sepak bola, memiliki banyak "wajah". Dia adalah pemenang pertandingan, pencetak gol yang mematikan, pemecah rekor dan lebih dari satu yang terbaik yang pernah menghiasi karier sepakbolanya.

Bahkan, Ronaldo juga bisa disebut pebisnis yang tidak kalah berprestasinya. Baru-baru ini, pemain asal Portugal ini dinobatkan menjadi pemain sepak bola terkaya di dunia.

Ia sukses melampaui saingannya di lapangan Lionel Messi. Bintang Juventus ini telah menjadi pemain sepak bola pertama yang memiliki kekayaan bersih satu miliar.

Penghasilan Ronaldo sebesar 106 juta dolar AS membawanya ke satu miliar. Ia melampaui pendapatan Messi dan Neymar, yang menghasilkan 70 juta dolar AS dari kontrak bempernya di Paris Saint-Germain.

Merek Cristiano Ronaldo 'CR7', sponsor Nike dan Herbalife, dan berbagai dukungan lainnya yang membawanya ke posisi teratas. Secara total, pria berusia 35 tahun itu mengantongi 46 juta dolar AS dari transaksi di atas di luar lapangan.

2 dari 3 halaman

Mengejutkan

Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo
Perbesar
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo saat merayakan gol yang dicetak ke gawang Cagliari pada lanjutan Serie A, Selasa (7/1/2020). Dalam duel ini, Juventus menang dengan skor 4-0. (Marco Bertorello / AFP)

Secara keseluruhan, selama 17 tahun kariernya yang gemerlapan, Ronaldo telah mengumpulkan 650 juta dolar AS dari gaji dan 350 juta dolar AS dari sponsor dan kesepakatan dukungan.

Dan, yang lebih mengejutkan untuk diketahui adalah bahwa pada saat kontraknya di Turin berakhir (pada 2022), mantan pemain Real Madrid itu bisa mencapai 765 juta dolar AS hanya dari gaji.

Bahkan David Beckham, yang mengakhiri karirnya dengan nilai bersih 500 juta dolar AS, hanya mencapai setengah dari yang telah dicapai Ronaldo.

3 dari 3 halaman

Urutan Keempat

Dalam daftar pesepakbola terkaya yang diumumkan oleh Forbes, Mohamed Salah, menjadi satu- satunya pemain Afrika yang berada di 14 besar. Pemain Liverpool ini, berada di urutan keempat dengan 35,1 juta dolar AS, di depan Kylian Mbappe.

Rekan setimnya di PSG, Neymar berada di urutan ketiga, di belakang Lionel Messi dan Ronaldo.

Lanjutkan Membaca ↓