Sukses

Pernah Raih Treble untuk MU, Dwight Yorke Tetap Dicap Sir Alex Pemain Gagal

Raihan treble tersebut sangat istimewa untuk Yorke, karena musim perdananya di MU. Dia direkut MU pada musim 1998/99 pada Aston Villa pada 12,6 juta paund sterling.

Liputan6.com, Manchester - Dwight Yorke merupakan salah satu pemain yang punya sejarah besar bersama Manchester United (MU). Dia pernah meraih treble bersama Setan Merah, sebutan MU, pada 1999.

Raihan treble tersebut sangat istimewa untuk Yorke, karena musim perdananya di MU. Dia direkut MU pada musim 1998/99 pada Aston Villa pada 12,6 juta paund sterling.

Pada musim perdananya itu, pemain asal Trinidad dan Tobago itu mencetak 29 gol dari 51 penampilan di semua kompetisi. Sementara di Liga Inggris dia mampu mencetak 18 gol dan menjadi top scorer bersama Jimmy Floyd Hasselbaink, dan Michael Owen.

Namun torehan tersebut ternyata tidak ada memuaskan manajer MU, Sir Alex Ferguson. Pria asal Skotlandia itu malah menyebut Yorke sebagai pemain gagal MU.

"Saya mencetak 29 gol pada musim pertama saya. Musim kedua, saya mencetak 26 gol. Tiba-tiba sang pelatih berkata kepada saya: 'Anda gagal'," kata Yorke, dikutip dari Metro.

"Saya pencetak gol terbanyak dan memenangkan Liga Inggris, tapi dia (Ferguson) menyebut saya pemain gagal. Anda melihat lagi ke belakang untuk mengetahui dari mana saya bisa mendapatkan sebutan itu. Di sinilah Anda perlu mendorong diri Anda lebih jauh lagi untuk membuat lebih dari 29 gol," ujar legenda MU berusia 48 tahun itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Dicap Pemain Gagal

Yorke akhirnya menemukan jawaban dari pernyataan Ferguson yang menyebut dirinya pemain gagal. Yorke gagal memenangkan Sepatu Emas Eropa di musim pertamanya. Dia kalah dari Kevin Phillips, yang mencetak 10 gol lebih banyak dari Yorke.

Alhasil, di tahun kedua dan ketiga, Yorke ingin membuktikan dirinya kepada Ferguson. Sayangnya, memenangkan Sepatu Emas Eropa tidak terwujud hingga Yorke dilepas ke Blackburn Rovers pada 2002.

"Tahun ketiga saya, saya membuat 14 gol dari 22 laga yang bukan sesuatu yang buruk. Namun, itu tidak cukup baik bagi MU. Itu adalah level yang dituntut manajer dari Anda dan saya mulai paham sekarang," ucap Yorke.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Yorke Besama MU

Main: 152

Menit bermain: 10.966

Gol: 65

Assist: 29

Kartu kuning: 10

Kartu merah: 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini