Transfer Icardi Didiskon, Bukti Virus Corona Covid-19 Ganggu Bisnis Sepak Bola

Oleh Wiwig Prayugi pada 01 Jun 2020, 19:05 WIB
Diperbarui 01 Jun 2020, 19:05 WIB
Mauro Icardi

Paris- Mauro Icardi telah menjadi pemain permanen di Paris Saint-Germain (PSG). Icardi ditebus dari Inter Milan dan langsung mendapat kontrak hingga 2024.

Agen yang menaungi Mauro Icardi, Alessandro Moggi, menyatakan transfer ini harus beradaptasi dengan kondisi sekarang agar terealisasi. Menurut dia, ini menjadi bukti bahwa pandemi virus corona sangat berpengaruh pada bisnis sepak bola.

"Semua biaya kemungkinan akan berkurang 30 persen," kata Moggi di Corriere dello Sport, Jumat (31/5/2020).

Awalnya, Icardi dibanderol 70 juta euro atau Rp 1,145 triliun. Namun, PSG hanya mengeluarkan sekitar 50 juta euro dan bonus 8 juta euro

"Efek dari krisis ekonomi akibat wabah ini pada sepak bola sangat mengkhawatirkan," katanya menambahkan.

“Semua ini menyebabkan harga pemain tak bisa normal. Klub cenderung akan bertukar pemain daripada membelinya. Klub tentu akan menghemat biaya karena pemasukan menurun drastis," ucapnya.

“Misalnya, Mauro Icardi memiliki opsi untuk membeli senilai 70 juta euro, tetapi ditutup dengan harga 50 juta euro plus bonus. Saya membayangkan semua biaya kemungkinan akan berkurang 30 persen," tambahnya.

Kondisi ini menurut Moggi, akan membuat pemain-pemain bintang yang berbanderol tinggi bertahan di klub masing-masing.

“Semakin sedikit bintang besar yang akan meninggalkan klub. Mereka tidak ingin kehilangan nilainya. Jika seorang pemain bernilai 80 juta euro lalu Anda hanya bisa menjualnya hari ini dengan 50 juta, Anda lebih baik bertahan selama satu tahun lagi."

2 dari 2 halaman

Transfer Pertama

Penerus Lionel Messi di Timnas Argentina
4. Mauro Icardi – Tak ada yang meragukan kemampuan yang dimiliki mantan pemain Inter Milan ini. Keahliannya dalam menjebol gawang lawan membuatnya mempunyai nilai lebih untuk menggantikan Lionel Messi di Timnas Aregntina. (AFP/Lucas Barioulet)

Berdasarkan laporan berbagai sumber, PSG memberikan pembayaran awal senilai 50 juta euro untuk membeli Icardi. Adapun sisa 8 juta euro dibayar kemudian dalam bentuk bonus. 

Sky Sport Italia juga mengatakan dalam kesepakatan transfer itu juga ada klausul khusus. PSG harus membayar ekstra 15 juta euro kepada Inter Milan jika menjual Icardi ke klub Italia lainnya. 

Sebelum resmi gabung ke PSG, Mauro Icardi juga sempat dikaitkan dengan transfer ke Juventus. Tetapi, Nerazzurri tidak rela melepas mantan kaptennya itu ke rival terbesarnya. 

Kepindahan Icardi secara permanen ke PSG menjadi transfer pertama yang terjadi pada masa pandemi.

Sementara itu, beberapa klub Premier League mengusulkan bursa transfer pemain diperpanjang sampai Oktober. Itu agar klub bisa melakukan bisnis mereka dengan maksimal setelah liga dimulai kembali.

Sumber: Football Italia

DIsadur dari Bola.com (penulis Wiwig Prayugi, Published 1/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓