Pemerintah Austria Beri Lampu Hijau, F1 Akhirnya Bisa Gelar Musim 2020

Oleh Harley.Ikhsan pada 31 Mei 2020, 14:30 WIB
Diperbarui 31 Mei 2020, 14:30 WIB
Formula 1

Liputan6.com, Wina - Formula 1 (F1) mendapat kabar gembira. Mereka akhirnya bisa memulai musim 2020 setelah Pemerintah Austria mengeluarkan lampu hijau untuk menggelar balapan.

Rencana F1 memulai kompetisi dengan dua balapan di Red Bull Ring, Spielberg, pun segera terwujud. "Balapan Formula 1 pada 5 dan 12 Juli di Spielberg akan digelar tanpa penonton," kata Menteri Kesehatan Austria Rudolf Anschober, dilansir AFP.

F1 sebelumnya terus menunda gelaran tahun ini akibat pandemi virus Corona. Hingga kini sudah ada empat seri yang dibatalkan dan enam lainnya masih berstatus ditunda.

Inggris dijadwalkan menjadi tuan rumah Grand Prix setelah Austria. Namun, melangsungkan dua balapan beruntun di Sirkuit Silverstone memberikan tantangan berbeda bagi penyelenggara.

Sebab, Pemerintah Inggris menerapkan aturan berbeda yakni para pendatang harus menjalani karantina dua pekan.

 

2 dari 3 halaman

Mayoritas di Eropa

Formula 1
(ilustrasi)

Dengan kalender yang berantakan, F1 kemungkinan besar hanya melangsungkan ajang di Eropa. Kompetisi kemungkinan maksimal hanya menghadirkan 18 balapan, dari rencana sebelumnya 22 di berbagai penjuru dunia.

Sembari melangsungkan persaingan di Eropa, penyelenggara F1 menunggu perkembangan krisis Corona sembari berharap menggelar ajang di kawasan lain pada akhir tahun.

3 dari 3 halaman

Ajang Bermasalah

Seri Ditunda: Bahrain, Vietnam, Tiongkok, Spanyol, Azerbaijan, Kanada

Seri Dibatalkan: Australia, Belanda, Monako, Prancis

Lanjutkan Membaca ↓