Marc Marquez Hadapi Perubahan Rival Kuat di MotoGP

Oleh Hendry Wibowo pada 29 Mei 2020, 14:25 WIB
Diperbarui 03 Jun 2020, 13:14 WIB
Marc Marquez

Jakarta Marc Marquez naik tingkat ke MotoGP pada musim 2013. Hingga sekarang ia hanya sekali gagal jadi juara dunia pada musim 2015.

Artinya pembalap Repsol Honda itu kini sudah menjadi juara dunia MotoGP sebanyak enam kali. Ini merupakan gambaran begitu dominannya sosok Marquez di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Menariknya ketika naik kelas ke MotoGP tahun 2013 lalu, Marquez harus melawan banyak pembalap senior. Sebut saja Valentino Rossi, Jorge Lorenzo sampai Dani Pedrosa.

Tapi sekarang atau hampir tujuh tahun berikutnya, mulai terjadi pergeseran generasi soal siapa saja yang berpotensi mengalahkan Marquez.

Nama-nama pembalap yang punya usia sama seperti Marquez atau bahkan lebih muda bermunculan. Sebut saja Maverick Vinales, Fabio Quartararo sampai Alex Rins.

2 dari 2 halaman

Komentar Jack Miller

Jack Miller
Jack Miller harus puas finis di posisi empat pada MotoGP Prancis akhir pekan lalu (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Fenomena pergeseran rival terkuat Marquez di MotoGP diakui oleh pembalap yang baru saja teken kontrak bersama Ducati untuk musim 2021, Jack Miller.

"Marquez hanya beberapa tahun lebih tua dari saya. Tapi lawan utamanya adalah pembalap senior seperti Valentino, Jorge, dan Dani," kata Miller

"Tapi kini semua telah berubah. Yamaha punya Maverick yang usianya sama seperti saya. Suzuki memiliki Alex Rins dan Joan Mir," tambahnya.

Miller pun berharap, dengan gabung tim pabrikan seperti Ducati, pembalap asal Australia itu bisa ikut bersaing melawan Marquez di MotoGP 2021.

Sumber: GPone.com

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Hendry Wibowo, published 29/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓