Pelatih Persija Desak PSSI Segera Pastikan Nasib Liga 1 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 29 Mei 2020, 09:10 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 09:10 WIB
Sergio Farias

Jakarta Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, mendesak PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuat keputusan soal nasib Liga 1 2020 untuk dilanjutkan atau tidak.

Pandemi virus corona membuat kompetisi Liga 1 2020 sudah dua bulan lebih dihentikan sementara oleh PSSI. Federasi mengambil keputusan tersebut seiring dengan langkah Pemerintah Republik Indonesia terkait penetapan status darurat bencana.

PSSI sampai saat ini belum mengambil keputusan perihal masa depan kompetisi. PSSI menunggu sikap pemerintah apakah memperpanjang status darurat bencana atau mengakhirinya.

Akibat jeda yang terlalu panjang, klub-klub Indonesia harus mempersiapkan pramusim yang baru. Hal itu dilakukan untuk bisa menyatukan kembali kekompakan pemain dan juga visi misi bermain.

"Penting untuk diingat kami harus melakukan pramusim baru. Jadi, keputusan untuk memulai kembali kompetisi di negara-negara lain diberi tahu lebih cepat supaya tim bisa berlatih," kata Sergio Farias di akun Instagramnya.

Status darurat bencana nasional pandemi virus corona akan berakhir pada Jumat (29/5/2020). Besar kemungkinan, PSSI setelah itu bakal mengambil sikap terkait nasib Liga 1 2020.

2 dari 3 halaman

Mayoritas Ingin Liga Dihentikan

Shopee Liga 1 : Persija Jakarta Vs Borneo FC
Penyerang Persija Jakarta, Osvaldo Haay, melakukan selebrasi usai membobol gawang Borneo FC pada laga Shopee Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu, (1/3/2020). Persija menang 3-2 atas Borneo FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Indonesia menjadi sedikit negara Asia Tenggara yang belum memutuskan nasib kompetisi sepak bola Liga 1 2020. Vietnam sudah memulai V-League dan bakal disusul oleh Kamboja yang kembali menggelar Cambodian League 2020 mulai Juni mendatang.

Begitu juga dengan Filipina yang siap menggelar Philippines Football League (PFL) 2020 mulai Juli. Adapun Thailand dan Malaysia memilih menggelar liga pada September.

Meski belum diputuskan, mayoritas klub Liga 1 memberi pandangan agar kompetisi 2020 dihentikan secara total. Saran tersebut diungkapkan pada pertemuan virtual pada Rabu (27/5/2020) dengan mempertimbangkan masih tingginya kasus positif virus corona di Indonesia.

Sumber: Instagram

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓