Petenis Jepang Naomi Osaka Jadi Atlet Perempuan Bayaran Tertinggi

Oleh Novi Nadya pada 28 Mei 2020, 22:38 WIB
Diperbarui 30 Mei 2020, 11:13 WIB
Naomi Osaka

Jakarta - Petenis putri Jepang, Naomi Osaka mendapat gelar baru dalam sejarah hidupnya dan sejarah dunia sebagai atlet perempuan dengan bayaran tertinggi menurut Forbes. Wanita berusia 22 tahun ini menyalip rival sengitnya Serena Williams dengan penghasilan 37,4 juta Dolar AS dalam setahun terakhir. 

Pendapatan tersebut beasal dari pembayaran turnamen dan kerja sama endorsment. Jumlah tersebut lebih besar 1,4 juta Dolar AS dari Williams pada periode yang sama, sekaligus mengalahkan rekor yang pernah dibuat sesama petenis perempuan Maria Sharapova sebesar 29,7 juta Dolar AS pada tahun 2015. 

Dan sementara masih ada (seperti dalam kebanyakan olahraga) perbedaan besar antara penghasilan atlet perempuan ketimbang rekan prianya, pencapaian ini dipercaya akan membawa perubahan. Serta menjadi pelecut untuk sesama atlet perempuan untuk membuktikan peningkatan pendapatan.

 

Selain kemampuan atletik yang luar biasa, Naomi Osaka juga memiliki beberapa kualitas yang menambah daya jual serta nilainya bagi merek dan penggemar. Bahkan bagi kita yang tidak terlalu hobi olahraga tenis.

 

2 dari 2 halaman

Usia Muda dan Bikultural

Serena Williams
Serena Williams jadi spokewoman global merek sepatu Stuart Weitzman

"Osaka adalah wajah yang relatif segar dengan latar belakang hebat. Gabungan usia muda dan bikultural menjadi dua atribut yang beresonansi dengan audiens global yang lebih muda yang hasilnya menjadi ikon pemasaran olahraga global," ujar profesor bisnis olahraga di Sekolah Bisnis USC Marshall pada Forbes melansir dari Glamour.

Sementara itu, penggemar mereka pasti ingat momen pertandingan AS Terbuka 2018 di mana ia mengalahkan Williams di putaran final. Pertandingan tersebut tercatat cukup kontroversial karena wasit mengeluarkan sejumlah hukuman bagi Williams yang membuat Williams mematahkan raket karena frustasi.

Namun Osaka memberi klarifikasi jika tidak ada masalah di antara mereka pada Ellen DeGeneres. "Serena mengatakan dia bangga kepadaku dan aku harus tahu jika penonton tidak mengejekku saat pertandingan final saat itu," ujar Osaka pada Ellen.

#ChangeMaker 

Disadur dari Fimela.com (Novi Nadya/Adinda Tri Wardhani)

Lanjutkan Membaca ↓