Chunchun Meares, Putra Asli Ponorogo yang Merupakan Anggota Angkatan Laut AS

Oleh Liputan6.com pada 28 Mei 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 17:00 WIB
Chunchun Meares, anggota Angkatan Laut AS keturunan Indonesia (Liputan6.com/Happy Ferdian Syah Utomo)

Liputan6.com, Jakarta- Kapal USS Navy Blue Ridge berlabuh di Jakarta, Mei 2019. Kapal angkatan laut Amerika Serikat (AS) itu datang untuk melakukan kunjungan kerja sama pertahanan.

Dalam kunjungan tersebut, ada sosok yang menarik perhatian publik, yaitu terlihat awak kapalnya ada yang keturunan Indonesia. Ia adalah Chuncun Meares.

Saat kunjungan kapal USS Blue Ridge ke Jakarta, ada sosok yang menarik perhatian publik, yaitu hadirnya salah seorang anggota Angkatan Laut AS keturunan asli Indonesia.

Ia adalah Chuncun Meares. Saat ini, Chuncun telah berpangkat Letnan II. Chunchun mengaku bahwa dirinya lahir di Ponorogo, Jawa Timur.

"Saya lahir di Ponorogo dan sejak umur 13 tahun pindah ke Amerika Serikat," kata Chuncun.

Penasaran dengan sosok Chuncun Meares? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

2 dari 5 halaman

Berkewarganegaraan AS karena Telah Lama Tinggal

Chunchun juga menjelaskan bahwa kedua orang tuanya berasal dari Indonesia. Ia mendapat kewarganegaraan AS karena telah tinggal lama di sana.

Chunchun mengungkapkan bahwa syarat utama untuk bergabung bersama Angkatan Laut AS adalah harus sudah menjadi warga negara Amerika Serikat.

3 dari 5 halaman

Pertama Kali Pulang ke Indonesia dengan Seragam

Kapal perusak milik AS berlayar ke Laut China Selatan (AFP/US Navy)
Ilustrasi kapal AS (AFP/US Navy)

Chuncun juga mengaku momen ini adalah kali pertamanya ia pulang ke Indonesia dengan seragam putih. Ia mengatakan bahwa dirinya beberapa kali pulang ke Indonesia, tapi tidak dalam kondisi bekerja seperti saat ini.

"Saya cukup sering berkunjung ke Indonesia, tapi tidak dengan seragam (Angkatan Laut) ini, jadi ini sangat spesial untuk saya," kata Chuncun dikutip dari Liputan6.com

4 dari 5 halaman

Satu-satunya Orang Indonesia yang jadi Bagian US Navy

Sistem persenjataan laser 'LaWS' AS di USS Ponce (US Navy/Wikimedia Commons)
Sistem persenjataan laser 'LaWS' AS di USS Ponce (US Navy/Wikimedia Commons)

Dilansir dari Liputan6 di tahun 2019, sejauh ini, Chunchun Meares menjadi satu-satunya orang Indonesia yang menjadi bagian dari US Navy (Angkatan Laut AS).

Chuncun berharap, dengan hadirnya USS Blue Ridge, hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat terutama untuk bidang pertahanan dapat semakin kuat.

5 dari 5 halaman

Bisa Berbahasa Jawa

Melalui unggahan channel Youtube Iwan Alexander, Chunchun mengatakan jika dirinya bisa berbahasa Jawa. Hal ini karena dulu ia sempat tinggal di Ponorogo, Jawa Timur.

"Bisa berbahasa Jawa?" tanya pemilik channel Youtube.

"Isoh lah (bisa lah), jawab Chunchun dengan bahasa Jawa.

Disadur dari Merdeka.com (Addina Zulfa Fa'izah)

Lanjutkan Membaca ↓