Sukses

3 Cara Jaga Silaturahmi walau Pandemi Corona Covid-19

Silaturahmi identik dengan perayaan Idul Fitri di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Silaturahmi identik dengan perayaan Idul Fitri di Indonesia. Biasanya silaturahmi dilakukan dengan saling mengunjungi rumah sanak saudara dan sahabat.

Selain bermaaf-maafan, momen ini juga sangat penting untuk mempererat tali persaudaraan dengan anggota keluarga yang jarang sekali kamu temui karena jarak atau kesibukan. 

Sayangnya, pandemi Corona mendorong masyarakat harus tetap berada di rumah saja untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Karena itu, menjalin silaturahmi seperti biasa kini tidak dapat dilakukan lagi. 

Meski begitu, kamu tetap bisa menjalin silaturahmi saat Lebaran tahun ini. Ada begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjalin silaturahmi kepada keluarga dan sahabat.

Berikut tiga cara asyik untuk silaturahmi dengan anggota keluarga dan sahabat saat menerapkan physical distancing. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Grup Chat

Cara yang paling mudah untuk menjalin silaturahmi di tengah pandemi Corona ini adalah lewat grup chat. Biasanya, keluarga besar memiliki grup chat keluarga yang bisa menjadi wadah untuk saling mengirimkan pesan dan saling berkomunikasi. 

Lewat grup chat, kamu juga bisa mengirimkan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, kamu juga bisa berbagi foto dan video kemeriahan Lebaran di rumah masing-masing kepada anggota keluarga besar. 

3 dari 4 halaman

2. Video Call

Ada begitu banyak aplikasi video call atau panggilan video yang bisa menampung lebih banyak orang, bahkan hingga 100 orang dalam satu panggilan. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berkumpul bersama keluarga besar secara virtual saat Lebaran. 

Cara ini juga sangat efektif untuk merayakan Lebaran secara online dengan keluarga dan sahabat. 

4 dari 4 halaman

3. Likee

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Likee, sebuah platform pembuatan video pendek global. Menjelang Lebaran, komunitas pengguna Likee mengadakan gathering online Likee City LiveShow Ramadan Mubarak di 12 kota di Indonesia. Termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Malang, dan lainnya. 

Para anggota komunitas yang disebut Likers ini dapat berinteraksi dengan para influencer Likee favorit mereka seperti Sesesvana, Misum, dan Yogafebryaaan lewat permainan dan obrolan seru. Ada juga hadiah spesial untuk Likers yang berhasil mendapatkan lucky draw di gathering online ini. 

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis/Editor: Karla Farhana, Published 22/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini