5 Legenda Sepak Bola Asia Tenggara yang Lahir di Piala AFF

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 22 Mei 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 20:00 WIB
Trivia - Pemain Kiatisuk Senamuang, Khairul Amri, Boaz Solossa, Safee Sali, Noh Alam Shah
Perbesar
Trivia - Pemain Kiatisuk Senamuang, Khairul Amri, Boaz Solossa, Safee Sali, Noh Alam Shah (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta - Negara Asia Tenggara bertarung memperebutkan gengsi sepak bola di Piala AFF. Dari situ kemudian lahir pemain bintang yang kemudian menjadi legenda.

Piala AFF pertama kali digelar pada 1996. Sejauh ini, Thailand menjadi negara yang paling banyak meraih gelar, yakni lima kali. Titel tersebut diraih Thailand pada edisi 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016. Adapun Singapura menjadi negara tersukses kedua di Piala AFF dengan empat gelar yang diraih pada 1998, 2004, 2007, dan 2012.

Adapun Timnas Indonesia belum pernah meraih gelar di ajang tersebut. Padahal, Timnas Indonesia sudah lima kali menjadi finalis di Piala AFF.

Setiap edisinya, Piala AFF selalu melahirkan pemain berkualitas. Bahkan, ada pemain yang pernah merasakan gelar Piala AFF lebih dari sekali.

Fenomena unik lainnya ada pula pemain yang berhasil meraih gelar Piala AFF sebagai pemain dan pelatih. Hal inilah yang membuat Piala AFF sebagai turnamen yang ditunggu-tunggu setiap edisinya.

Bola.com mengumpulkan lima pemain Asia Tenggara yang meraih kesuksesan di Piala AFF. Para pemain ini mampu tampil mengesankan sepanjang bermain di Piala AFF karena berhasil mempersembahkan banyak gelar dan torehan gol.

2 dari 6 halaman

Safee Sali (Malaysia)

Malaysia Vs Timnas Indonesia, Piala AFF 2010
Perbesar
Penyerang Malaysia, Safee Sali, berusaha melewati kapten Timnas Indonesia, Firman Utina, pada final leg pertama Piala AFF 2010. (AFP/Kamarul Akhir)

Safee Sali merupakan pemain yang tidak bisa dipisahkan dari gelar juara Piala AFF 2010 yang diraih Malaysia. Ketika itu, Safee Sali mencetak lima gol.

Sayangnya, itu menjadi satu-satunya gelar yang diberikan Safee Sali untuk Timnas Malaysia. Pada 2017, Safee Sali memutuskan pensiun dari Timnas Malaysia dengan jumlah 23 gol dalam 76 pertandingan.

Safee Sali tercatat mencetak tujuh gol dalam tiga edisi Piala AFF yang diikutinya. Saat ini, Safee Sali masih aktif bermain di Petaling Jaya City dan sempat berkarier di Indonesia bersama Pelita Jaya.

3 dari 6 halaman

Noh Alam Shah (Singapura)

Noh Alam Shah
Perbesar
Mantan pemain tim nasional Singapura, Noh Alam Shah. (AFP/Tengku Bahar)

Noh Alam Shah merupakan legenda Singapura yang pernah mencicipi kesuksesan di Piala AFF. Noh Alam Shah tercatat menyumbang dua gelar Piala AFF untuk Singapura, yakni pada 2004 dan 2007.

Sepanjang tampil di Piala AFF, Noh Alam Shah sudah mencetak 16 gol untuk Singapura. Jumlah gol terbanyak yang dicetaknya terjadi pada 2007 dengan torehan 11 gol sekaligus membantu Singapura juara.

Noh Alam Shah pensiun dari Timnas Singapura pada 2010. Sebanyak 84 penampilan berhasil dikumpulkan dan torehan 35 gol untuk tim berjulukan The Lions itu.

4 dari 6 halaman

Khairul Amri (Singapura)

Khairul Amri
Perbesar
Khairul Amri, salah satu pemain veteran di timnas Singapura untuk Piala AFF 2016. (AFP/Roslan Rahman)

Khairul Amri merupakan pemain Singapura paling sukses di Piala AFF. Khairul Amri tercatat berhasil mempersembahkan tiga gelar Piala AFF untuk Singapura, yakni pada 2004, 2007, dan 2012.

Khairul Amri tercatat sudah mencetak 10 gol di Piala AFF. Khairul Amri memutuskan pensiun dari Timnas Singapura pada 2019.

Khairul Amri mencatatkan 132 penampilan dan sumbangan 32 gol untuk tim berjulukan The Lions itu. Saat ini, Khairul Amri masih bermain di Felda United.

5 dari 6 halaman

Kiatisuk Senamuang (Thailand)

Kiatisuk Senamuang
Perbesar
Mantan pemain tim nasional Thailand, Kiatisuk Senamuang. (AFP/Goh Chai Hin)

Kiatisuk Senamuang bisa dikatakan sebagai pemain Thailand paling sukses di Piala AFF. Kiatisuk Senamuang berhasil mempersembahkan tiga gelar juara untuk Thailand, yakni pada edisi 1996, 2000, dan 2002.

Seluruh turnamen itu diikuti Kiatisuk Senamuang ketika masih memakai nama Piala Tiger. Secara keseluruhan, Kiatisuk Senamuang sudah mencetak 12 gol di Piala AFF.

Tak hanya sebagai pemain, Kiatisuk Senamuang juga sukses mempersembahkan gelar Piala AFF untuk Thailand sebagai pelatih. Hal itu dilakukannya pada edisi 2014 dan 2016.

6 dari 6 halaman

Boaz Solossa

Boaz Solossa
Perbesar
Boaz Solossa, kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 yang sayang keluarga. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Boaz Solossa adalah legenda Timnas Indonesia yang memiliki jam terbang tinggi di Piala AFF. Boaz tercatat sudah tampil dalam tiga edisi Piala AFF yakni 2004, 2014, dan 2016.

Sayangnya, Boaz Solossa belum pernah memberikan gelar untuk Timnas Indonesia. Pencapaian terbaiknya di Piala AFF adalah finalis 2004 dan 2016.

Boaz Solossa sejauh ini sudah mengemas tujuh gol di Piala AFF. Boaz Solossa saat ini masih aktif bermain dan punya peluang tampil di Piala AFF edisi 2020.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo, published 22/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓