Sukses

Doa dan Amalan-amalan yang Membawa Berkah Menyambut Malam Lailatul Qadar

Namun ada satu hal yang ditungung-tunggu banyak umat muslim di minggu terakhir Ramadan, yakni datangnya malam Lailatul Qadar

Liputan6.com, Jakarta- Ramadan adalah bulan paling suci bagi seluruh umat muslim di dunia. Ada banyak kebaikan dan rahmat di bulan ini yang bisa diraih.

Sekecil apapun perbuatan baik, bisa dihitung sebagai amalan mulia. Tak heran jika umat muslim berlomba-lomba berbuat baik demi mendapatkan pahala.

Namun ada satu hal yang ditungung-tunggu banyak umat muslim di minggu terakhir Ramadan, yakni datangnya malam Lailatul Qadar. Pada hari penting itu digambarkan sebagai malam 'lebih baik daripada seribu bulan'. Malam Lailatul Qadar akan membawa banyak berkah dan pahala jika melakukan banyak ibadah dan amalan.

Di malam inilah pahala akan dilipatgandakan. Manusia kemungkinan tidak tahu kapan tepatnya malam Lailatul Qadar terjadi, akan lebih baik jika terus beribadah dan melakukan amalan baik hingga akhir Ramadhan. Namun menurut hadits Nabi Muhammad SAW yang telah diriwayatkan Bukhari, Nabi memberikan telah mengisyaratkan waktunya.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, yang artinya: "Carilah lailatur qodar pada tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh hari akhir bulan Ramadhan." (HR Bukhari).

Siapapun yang berhasil mendapatkan Lailatul Qadar, segala dosa-dosanya akan diampuni. Berikut doa Lailatul Qadar dan amalan-amalan yang membawa berkah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa Malam Lailatul Qadar

Doa malam Lailatul Qadar tentunya akan memberikan berkah yang begitu besar kepada siapa saja umat muslim yang mendapatkannya. Oleh karena itu, banyak umat muslim yang semakin meningkatkan ibadahnya di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Maka doa malam Lailatul Qodar perlu diketahui agar bisa mendapatkan malam kemuliaan tersebut. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Aisyah RA pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasul, andaikan aku bertemu lailatul qadar, do’a apa yang bagus dibaca? Rasul menjawab

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”

Yang artinya: Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku (HR. Ibnu Majah)

3 dari 6 halaman

Amalan Malam Lailatul Qadar

1. Membaca Al-Quran

Segala perbuatan baik akan mendapatkan pahala besar. Apalagi bagi kamu yang mau mengamalkannya. Perbanyaklah membaca Alquran karena dapat mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

Tak lupa, resapi pula arti, tafsir, dan maknanya. Membaca surat Al-Ikhlas minimal 3 kali setiap malam. Membaca sekaligus memahami tafsir surat Al-Qadar salah satunya.

2. Mendirikan salat malam

Malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam mulia. Malam ini memiliki kebaikan lebih dari seribu bulan. Untuk mendapatkan keistimewaan ini tentu umat muslim harus berusaha lebih giat dalam beribadah.

Salah satunya dengan mendirikan sholat malam. Setelah melaksanakan sholat tarawih dan tadarusan, kamu bisa tidur terlebih dahulu. Kemudian saat tengah malam atau menjelang sahur, kamu bangun untuk menunaikan salat malam. Fokuskan ibadah untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

4 dari 6 halaman

Amalan Malam Lailatul Qadar

3. Memperbanyak doa

Berdoa sudah seharusnya dilakukan umat manusia sepanjang waktu. Doa menjadi komunikasi antara hamba dan juga Tuhannya. Allah SWT sudah memberikan kemudahan bagi hambanya dalam memohon permintaan. Maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan untuk meminta harapan melalui berdoa.

Berdoa pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan bisa jadi salah satu amalan untuk mendapatkan keberkahan Lailatul Qodar. Rasulullah SAW memerintah Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam-malam itu.

Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan?”,

Beliau menjawab: “Ucapkanlah, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anna” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani).

 

5 dari 6 halaman

Amalan Malam Lailatul Qadar

4. Menjalankan Iktikaf

Iktikaf adalah berhenti atau berdiam di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu. Beberapa syarat untuk sahnya iktikaf antara lain, beragama islam, sudah baligh, dilaksanakan di masjid (baik masjid jami’ maupun masjid biasa), dan memiliki niat iktikaf.

Iktikaf dilakukan dengan niat semata-mata beribadah hanya untuk Allah SWT. Iktikaf merupakan momen untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa dengan melakukan serangkaian ibadah. Berdiam diri dalam iktikaf bukan berarti kamu hanya diam saja. Kamu bisa melakukan salat sunah, berdzikir dan ibadah lain untuk mendekat pada Sang Khalik.

5. Memperbanyak Taubat

Dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan juga jadi kesempatan yang baik dalam memperbaiki diri. Mohonlah ampunan kepada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh. Perbanyak bertaubat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Selain bisa berkesempatan untuk mendapat ampunan dari Allah, kamu juga membuka peluang untuk meraih keberkahan Lailatul Qadar.

6 dari 6 halaman

Tanda-Tanda Lailatul Qadar

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila malam Lailatul Qadar datang dan dalam keadaan siap. Adapun tanda-tanda dari malam Lailatul Qadar antara lain adalah:

Matahari Terbit

Pada pagi hari matahari akan terbit dalam keadaan jernih, teduh, dan seperti tidak ada sinar. Namu, sinar mentari pagi tidak begitu cerah, tapi teduh dan menenangkan.

Sangat Tenang

Di malam Lailatul Qadar, kondisi udara juga tidaklah panas, tidak dingin, tidak berawan dan juga tidak badai. Sebagai tanda terakhir, karena malaikat turun ke bumi, maka keadaan terasa sangat tenang, nyaman dan orang-orang akan merasakan kenikmatan tersendiri saat beribadah dengan sungguh-sungguh.

(Dyah Mulyaningtyas/Tyas Titi Kinapti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.