7 Pemain yang Sering Juara Liga di Indonesia

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 19 Mei 2020, 11:20 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 11:20 WIB
Boaz Solossa, Ian Kabes, Supardi Nasir, Bambang Pamungkas, Ilija Spasojevic, Paulo Sergio dan Yoo Jae-hoon

Jakarta Gelar liga merupakan tolok ukur kesuksesan karier seorang pesepak bola. Hal itu sudah bisa dibuktikan dengan banyaknya pemain Indonesia yang mampu meraih gelar liga lebih dari satu kali.

Meraih gelar liga di Indonesia bersama klub yang dibela tentu bukan perkara mudah. Bermain untuk klub besar sekalipun, belum tentu menjadi garansi bisa meraih gelar.

Pemain yang bisa meraih gelar di Indonesia biasanya berada di klub yang tepat dan dikelilingi rekan setim yang juga berkualitas. Faktor itulah yang kadang membuat tim tersebut punya peluang besar untuk meraih kesuksesan.

Pemain dengan faktor-faktor tersebut bisa meraih gelar di satu tim atau beberapa tim. Semuanya tentu saja tergantung pada kualitas tim dan rekan bermainnya.

Selain itu, faktor momentum yang dibalut dalam keberuntungan juga tak bisa dipisahkan. Ada saja fenomena di mana klub yang dipandang sebelah mata justru berhasil meraih gelar.

Contohnya dengan apa yang dialami Bhayangkara FC pada Liga 1 2017. Klub tersebut mampu tampil mengejutkan dengan meraih gelar setelah memenangi persaingan dengan klub-klub elite Indonesia yang punya sejarah panjang.

Bola.com mengumpulkan data pemain yang berhasil meraih gelar liga lebih dari sekali. Berikut ini tujuh pemain yang mengoleksi banyak gelar liga di Indonesia.

2 dari 8 halaman

Yoo Jae-hoon

Yoo Jae-hoon
Kiper Persipura, Yoo Jae-hoon, memberikan instruksi saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (9/9/2017). Bhayangkara FC menang 2-1 atas Persipura. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Yoo Jae-hoon bergabung dengan Persipura Jayapura pada 2010. Dalam debutnya di Indonesia, Yoo Jae-hoon langsung mampu mengantarkan klub berjulukan Mutiara Hitam itu meraih gelar Liga Super Indonesia 2010-2011.

Ketika itu, Yoo Jae-hoon bermain sebanyak 21 kali dan mencatatkan tujuh kali clean sheet. Adapun gelar kedua yang dipersembahkan Yoo Jae-hoon untuk Persipura terjadi pada Liga Super Indonesia 2013.

Kiper asal Korea Selatan itu berhasil tampil gemilang di bawah mistar gawang Persipura dalam 32 laga dan meraih 17 kali clean sheet. Penampilan apiknya itu pula yang membuat Yoo Jae-hoon dipilih sebagai Kiper Terbaik 2013.

3 dari 8 halaman

Paulo Sergio

Tira Persikabo vs Bali United
Gelandang Bali United, Paulo Sergio, menggiring bola saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Pakansari, Bogor, Kamis (15/8). Bali menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Paulo Sergio tercatat sudah meraih dua gelar di Indonesia. Pada kesempatan pertama, pemain asal Portugal itu meraih gelar Liga 1 2017 bersama Bhayangkara FC.

Dalam debutnya di Indonesia itu, Paulo Sergio tampil sebanyak 29 kali dan mencetak sembilan gol. Adapun gelar kedua diraih Pauli Sergio bersama Bali United pada Liga 1 2019.

Pada musim perdana di Bali United, Paulo Sergio turut berperan di lini tengah dengan tampil sebanyak 26 kali. Saat ini, pemilik nama lengkap Paulo Sergio Moreira Goncalves itu masih menjadi andalan klub berjulukan Serdadu Tridatu.

4 dari 8 halaman

Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic (Bali United)
Selebrasi striker Bali United, Ilija Spasojevic, ke gawang Arema di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar (24/8/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Ilija Spasojevic juga sudah meraih dua gelar di Indonesia. Pemain naturalisasi itu meraih gelar liga bersama Bhayangkara FC pada 2017 dan Bali United pada 2019.

Ilija Spasojevic sebenarnya bergabung dengan Bhayangkara FC tak dari awal musim pada 2017. Meski demikian, perannya sangat besar karena mampu menyumbang 13 gol dalam 16 laga.

Adapun bersama Bali United, Spasojevic juga memiliki peran besar ketika meraih gelar Liga 1 2019. Pemain berusia 32 tahun itu tampil sebanyak 31 kali dan sukses mencetak 16 gol.

5 dari 8 halaman

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas
Stiker Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, saat melawan Persebaya Surabaya pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Selasa (17/12). Bepe mengakhiri kariernya pada musim ini. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bambang Pamungkas juga berhasil meraih dua gelar liga sepanjang kariernya di Indonesia. Uniknya, gelar tersebut diraih Bambang bersama satu klub dalam 17 tahun.

Gelar pertama diraih Bambang Pamungkas pada 2001. Pemain yang akrab disapa Bepe itu punya peran besar karena menyumbang 15 gol untuk Persija.

Sementara itu, gelar kedua diraih Bepe bersama Persija pada 2018. Namun, peran Bepe tak terlalu besar karena hanya tampil sebanyak 13 kali yang mayoritas dari bangku cadangan dengan sumbangan 1 gol.

6 dari 8 halaman

Supardi Nasir

Supardi Nasir
Bek Persib Bandung, Supardi Nasir, saat pertandingan melawan Arema FC pada laga persahabatan di Stadion GBLA, Bandung, Minggu (18/3/2018). Persib menang 2-1 atas Arema. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Supardi Nasir juga telah meraih dua gelar liga dalam kariernya sebagai pesepak bola di Indonesia. Pada 2011-2012, gelar pertama itu diraih Supardi Nasir ketika berseragam Sriwijaya FC.

Peran Supardi Nasir sangat besar karena tampil sebanyak 32 kali untuk Sriwijaya FC. Adapun gelar kedua diraih Supardi Nasir bersama Persib Bandung pada 2014.

Supardi Nasir menjadi tembok kukuh Persib Bandung karena tampil sebanyak 28 kali. Hingga saat ini, Supardi Nasir masih berseragam Persib dan kerap menjadi pemain andalan di lini belakang.

7 dari 8 halaman

Ian Kabes

Ian Louis
Pemain Perssipura, Ian Louis Kabes saat melawan Persib Bandung pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion GBLA, Bandung, Minggu (7/5/2017). (Bola.com/Nicklas hanoatubun)

Ian Loius Kabes sudah meraih tiga gelar liga sepanjang kariernya di Indonesia. Gelar tersebut diraih seluruhnya bersama Persipura Jayapura.

Ian Louis Kabes meraih gelar tersebut pada Liga Indonesia 2005, Liga Super Indonesia 2008-2009, dan Liga Super Indonesia 2010-2011. Dalam ketiga perburuan gelar tersebut, peran Ian Kabes sangat besar di lini tengah.

Sampai saat ini, Ian Louis Kabes masih menjadi andalan di lini tengah Persipura. Belum ada gelar lagi yang mampu dipersembahkan pemain berusia 34 tahun itu.

8 dari 8 halaman

Boaz Solossa

Persipura Jayapura, Bola.com, Gojek Liga 1 bersama Buka Lapak, Boaz Solossa
Pemain Persipura Jayapura, Boaz Solossa saat melawan Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 Gojek bersama Bukalapak di Stadion Pakansari, Bogor, (25/5/2018). (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Boaz Solossa menjadi pemain Indonesia dengan gelar liga paling banyak saat ini. Boaz Solossa sudah meraih empat gelar yang semuanya didapat di Persipura Jayapura.

Boaz Solossa pertama kali meraih gelar liga pada 2005. Kemudian pemain yang akrab disapa Bochi itu meraih gelar Liga Super Indonesia pada 2008-2009, 2010-2011, dan 2013.

Bahkan, Boaz selalu menjadi top skorer ketika Persipura meraih gelar liga. Hal ini membuktikan betapa besarnya peran yang dimiliki Boaz saat membantu timnya meraih titel juara.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap, Published 19/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓