Piala AFF 2020: Timnas Vietnam Kirim Skuat Terbaik

Oleh Aning Jati pada 19 Mei 2020, 08:50 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 08:50 WIB
Timnas Vietnam
Perbesar
Timnas Vietnam menjuarai Piala AFF 2018 setelah menang 1-0 atas Malaysia, Sabtu (15/12/2018) di Stadion My Dinh, Hanoi. Vietnam unggul agregat gol 3-2. (AFP/Manan Vatsyayana)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Vietnam tampaknya tidak akan main-main pada Piala AFF 2020.Pasalnya, mereka disebut akan mengirim para pemain terbaiknya.

Jika berjalan sesuai rencana, turnamen antarnegara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) ini bakal digelar pada 23 November-31 Desember 2020.

Piala AFF 2020 akan diikuti 10 negara, diawali dengan babak play-off terlebih dulu.

Timnas Vietnam berstatus juara bertahan. Di partai final edisi 2018, the Golden Stars menaklukkan Malaysia dengan skor agregat 3-2. 

Itu menjadi gelar kedua Vietnam di turnamen Piala AFF, setelah titel pertama pada edisi 2008.

Mengincar gelar ketiga sepanjang penyelenggaraan Piala AFF, VFF sepakat mengirim skuad terbaik ke Piala AFF 2020. Hal ini disampaikan Tran Quoc Tuan, kata Wakil Presiden VFF.

"Kami juara bertahan, jadi citra dan reputasi kami harus dijaga. Kalangan fans menyukai turnamen ini, dan dengan perubahan jadwal V League 1 dan V League 2, Vietnam bisa mengirim pemain-pemain terbaik," ujar Tuan.

Seperti dilansir dari Vietnam News, perubahan jadwal serta format untuk kompetisi reguler V League 1 dan V League 2 setelah kurva pandemi virus corona menurun, merupakan kebijakan yang diambil untuk membantu Timnas Vietnam mempersiapkan diri mempertahankan Piala AFF serta mencapai putaran kedua kualifikasi Piaia Dunia 2022 zona asia.

VFF menegaskan target untuk dua agenda tersebut penting untuk sepak bola Vietnam dan itulah mengapa, kedua turnamen itu harus dianggap sama pentingnya.

2 dari 2 halaman

Timnas Thailand Andalkan Pemain Lapis Kedua

Timnas Indonesia Vs Thailand
Perbesar
Pemain Thailand saat melawan Timnas Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia takluk 0-3 dari Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Di sisi lain, langkah VFF ini tak sama dengan yang kemungkinan diambil Thailand. Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), belum lama ini menyatakan pihaknya hanya akan mengirim tim lapis kedua ke Piala AFF 2020.

Satu di antara pertimbangannya, kompetisi Thai League 1 musim 2019-2020 baru akan dimulai lagi pada September mendatang.

Terkait itu, FAT realistis adanya konflik kepentingan timnas dan klub. Tenaga para pemain senior atau bintang dipastikan masih akan membela klub masing-masing.

Rencananya, Thai League 1 musim ini akan berakhir pada Mei 2021.

Seperti diketahui, Timnas Thailand merupakan pengoleksi gelar terbanyak Piala AFF, dengan raihan lima gelar. Kali terakhir the War Elephants menjadi juara terjadi pada final edisi 2016 dengan mengalahkan Indonesia. Skor agregat saat itu, 3-2 untuk kemenangan Thailand.

Sumber: Vietnam News

Disadur dari: Bola.com

Penulis: Aning Jati

Lanjutkan Membaca ↓